Beranda Sipil Jenis Baja Berdasarkan Kelompoknya

Jenis Baja Berdasarkan Kelompoknya

219
0
BERBAGI
jenis baja
jenis baja

Postingan kali ini akan membahas mengenai jenis baja berdasarkan kelompoknya. Baja dikelompokan menjadi lima kelompok besar, yaitu:

  1. Baja Karbon. Lebih dari 90 persen dari semua baja yang diproduksi adalah baja karbon. Mengandung jumlah karbon bervariasi dengan jumlah mangan tidak lebih dari 1,65 persen, silikon 0,6 persen, dan Cu sebanyak 0,6 persen. Digunakan pada mesin, body automobil, baja struktural untuk bangunan, ship hulls, kasur per, maupun bobby pins.
  2. Baja Paduan. Baja ini memiliki komposisi yang spesifik yang mengandung beberapa persen vanandium, Mo, dan elemen paduan lain. Memiliki kandungan mangan, Si, dan Cu lebih besar daripada baja karbon biasa. Digunakan pada gigi dan axel mobil, roller skates, dan carving knives.
  3. High-Strength Low alloy Steel (HSLA). Merupakan baja jenis terbaru diantara lima keluarga baja. Biaya produksi lebih rendah karena hanya sedikit mengandung paduan yang mahal. HSLA lebih ringan daripada baja biasa.
  4. Stainless Steel. Stainless steel adalah baja tahan karat yang mengandung Cr, Ni, dan elemen lain yang membuat baja tersebut tahan karat pada kelembaban asam dan gas tertentu. Beberapa jenis Stainless steel sangat keras. Karena permukaannya yang mengkilap, arsitek sering menggunakannya untuk tujuan dekorasi. Stainless Steel digunakan untuk membuat pipa, alat-alat oprasi, dan yang lainnya.
  5. Tool Steel. Dibuat menjadi beberapa jenis tools atau cutting dan shaping machinery untuk operasi manufaktur yang bervariasi. Tool steel mengandung W, Mo dan elemen paduan lainnya yang membuat jadi lebih kuat, keras dan tahan aus.

Sumber referensi: sipilworld.blogspot.com

Nah, itulah beberapa jenis baja berdasarkan kelompoknya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa mendapatkan manfaatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini