Beranda Tips Rumah SepticTank dan Resapan

SepticTank dan Resapan

2961
0
BERBAGI
septictank dan resapan
septictank dan resapan

Halo rekan-rekan sekalian, apa kabar kalian hari ini? Semoga sehat selalu. Kali ini kita akan membahas mengenai septictank dan resapan. Untuk pembahasan lengkapnya mari simak artikel dibawah ini.

SepticTank dan Resapan

Septictank berkaitan erat dengan aktivitas biologis seluruh penghuni rumah. Agar tidak mudah penuh dan mampat, diperlukan rancangan yang tepat. Rancangan dan pemeliharaan yang tidak tepat, dapat membuat septictank tidak berfungsi dengan baik. Septictank adalah sistem sanitasi yang terdiri dari pipa saluran dari kloset, bak penampungan kotoran cair dan padat, bak resapan, serta pipa pelepasan air bersih dan udara.

Agar septictank tidak mudah penuh dan mampat, perlu diperhatikan hal-hal berikut:

1. Kemiringan pipa

Kemiringan menentukan lancar tidaknya proses pembuangan limbah. Selisih ketinggian kloset dan permukaan air bak penampung kotoran, sebaiknya sebesar mungkin. Agar mengalir lancar, kemiringan pipa minimal 2%, artinya setiap 100cm terdapat perbedaan ketinggian 2cm.

2. Pilih pipa saluran yang tepat

Pipa saluran sebaiknya berupa pipa PVC. Ukuran minimalnya adalah 4 inci. Rumah yang memiliki banyak toilet, sebaiknya menggunakan diameter pipa yang lebih besar. Buatlah saluran dengan lurus tanpa belokan, karena belokan atau sudut, rentan mampet.

3. Sesuaikan kapasitas dengan kebutuhan

Untuk rumah tinggal dengan jumlah penghuni hingga empat orang, cukup dibuat septictank dengan ukuran 1,5m x 1,5m x 2m. Bak endapan dan sumur resapan bisa dibuat dengan ukuran 1m x 1m x 2m. Semakin banyak penghuni rumah, semakin besar ukuran yang dibutuhkan.

4. Bak harus kuat dan kedap air

Dinding, dasar, dan penutup bak utama harus kedap air, agar limbah tidak mencemari lingkungan. Bak endapan dan resapan sebaiknya memiliki dasar berupa campuran kerikil dan pasir.

Spesifikasi bahan untuk pembuatan septictank

Spesifikasi bahan untuk pembuatan septictank tersebut antara lain:

  • Dinding septictank terbuat dari pasangan batu bata 1pc : 4 psr.
  • Lantai kerja dari cor beton tanpa tulangan.
  • Penutup septictank terbuat dari beton bertulang dengan ketebalan 12 cm sehingga kuat menahan beban kendaraan melintas diatasnya.
  • Resapan terbuat dari bahan ijuk, pasir, dan kerikil.

Sekian postingan kali ini mengenai SepticTank dan Resapan, semoga bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain dapat membacanya juga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini