Beranda Tips Rumah Tahap Perencanaan Membangun Rumah yang Baik

Tahap Perencanaan Membangun Rumah yang Baik

872
1
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
perencanaan rumah yang baik
perencanaan rumah yang baik

Halo rekan-rekan sekalian, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu. Pembahasan untuk artikel kita kali ini yaitu mengenai tahap perencanaan membangun rumah yang baik. Untuk pembahasan lengkapnya silahkan baca dibawah ini.

Kunci dalam membangun rumah yang baik adalah perencanaan yang matang. Terdengar seperti khayalan tapi hal ini sangat berpengaruh pada hasil yang baik untuk rumah impian Anda dan tentunya dapat menekan biaya secara efisien mungkin.

Dalam tahap perencanaan ada beberapa tips yang dirangkum dalam beberapa point. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan.

Tahap Perencanaan Membangun Rumah yang Baik

Buatlah Sketsa Awal

Bayangkan dan salurkan keinginan Anda ke dalam gambar, sketsa, atau coretan mengenai bentuk, tampilan, dan ukuran perubahan-perubahan yang Anda inginkan. Lakukan kegiatan ini pada waktu kosong anda.

Cari Contoh Bangunan

Carilah sebanyak-banyaknya contoh bangunan yang menarik menurut Anda agar dapat digunakan sebagai referensi. Dengan begitu anda akan mempunyai banyak ide mengenai tampilan rumah anda.

Konsultasi ke Arsitek

Jika Anda menyimpan apa yang diinginkan namun sulit menuangkannya ke dalam bentuk gambar, mintalah bantuan konsultan perencana atau seorang arsitek. Jasa arsitek bukan hanya membuat gambar perencanaan dan menghitung anggaran. Akan tetapi juga memberikan solusi dan penyelesaian terhadap masalah perancangan anda.

Buat Daftar Kegiatan

Cobalah merincikan daftar pekerjaan yang akan dikerjakan. Kembangkan setiap item pekerjaan menjadi lebih detail dan spesifik. Hitung volumenya masing-masing. Disarankan untuk tidak melakukan perubahan dan revisi lagi pada saat proses desain sudah mencapai tahap penyelesaian.

Kalkulasikan Biaya

Dengan menggunakan harga satuan yang ada, kebutuhan biaya pelaksanaan dapat Anda kalkulasikan. Tidak seperti harga material yang relatif sama, biaya pengerjaan bisa berbeda antara satu kontraktor dengan yang lain. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat kecepatan, kerapian, dan kekuatan. Untuk biaya tenaga kerja, berkisar antara 20% sampai 25% dari total kebutuhan material. Upah ini bisa menjadi lebih besar jika dalam pengerjaannya banyak dilakukan kegiatan pembongkaran/ pengerjaan existing.

Buat Tabel Jadwal

Dari jumlah pekerjaan, buatlah jadwal pelaksanaan pekerjaan (time schedule) untuk mengetahui jumlah total keseluruhan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan untuk rumah anda. Lama pengerjaan ini sangat berguna sebagai pedoman pengawasan pekerjaan.

Demikian artikel kali ini mengenai Tahap Perencanaan Membangun Rumah yang Baik, semoga bisa bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain dapat membacanya juga.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini