Beranda Info Tahun 2017 Ramai Memperdebatkan Teori Bumi Datar, Apakah Ini Benar?

Tahun 2017 Ramai Memperdebatkan Teori Bumi Datar, Apakah Ini Benar?

222
0
BERBAGI
teori bumi datar

Dunia sempat digemparkan dengan munculnya teori yang menyatakan bahwa fakta bumi itu bulat adalah sebuah kebohongan. Teori itu dibantah oleh komunitas bernama Flat Earth Society.

Komunitas tersebut benar-benar meyakini bahwa bumi itu bentuknya datar dengan beragam fakta ilmiah yang mereka himpun. Karena itu pula, mereka menepis semua bukti yang menunjukkan bumi itu bulat, seperti foto-foto bumi dari luar angkasa.

Mereka meyakini foto-foto ‘bumi bulat’ itu tak lebih dari rekayasa konspirasi pendukung bahwa bumi bulat yang diatur oleh Badan Antariksa NASA dan badan pemerintah lainnya. Ini diyakini mereka sebagai sebuah konspirasi tingkat tinggi.

teori bumi datar

Konspirasi Teori Bumi Datar

Masyarakat tentunya akan terkejut mendengar penjelasan mereka bahwa bumi itu bulat. Pasalnya, selama kurang lebih 500 tahun, publik telah didoktrin bahwa matahari adalah pusat tata surya dan bahwa bumi ini berputar pada porosnya dengan kecepatan sekitar 1.500 kilometer per jam sambil mengorbit matahari dengan kecepatan yang luar bisa kencang yaitu 107 ribu km/jam.

Kebenaran bahwa bumi datar dan tidak bergerak seperti yang disampaikan mereka tentu akan ditolak oleh 99,9 persen orang pada zaman sekarang.

Sebab, seumur hidup dari sejak masih kanak-kanak, masyarakat sudah diajarkan bahwa bumi ini adalah sebuah bola bulat yang bergerak mengelilingi matahari.

Loading...

Banyak teori yang dikemukakan oleh pendukung teori ini seperti:

  1. Bumi adalah sebuah piringan dimana kutub utara menjadi pusatnya, sementara kutub selatan berada di pinggirannya.
  2. Terjadinya siang dan malam dijelaskan dengan matahari dan bulan merupakan benda berbentuk bulat yang berfungsi sebagai lampu sorot yang menerangi bagian berbeda dari planet
  3. Mereka mengklaim, NASA mempekerjakan sejumlah orang untuk menjaga ketat dinding es ini, mencegah siapapun memanjatnya dan terjatuh dari piringan bumi.

Flat Earth Society merupakan organisasi yang menyakini bahwa bumi itu berbentuk datar.
Pria asal Ingris bernama Samuel Shenton pada tahun 1956 membuat oraganisasi yang mempercayai bentuk asli bumi itu datar.

Dikutip dari Wikipedia, organisasi bernama Flat Earth Society ini sempat vakum pada tahun 2001.
Perdebatan mengenai bentuk bumi sudah berlangsung selama berabad abad dari masa ke masa.
Bahkan dalam satu buku karangan Washington Irving menyebutkan bahwa Columbus meyakini bahwa Bumi itu datar.’

Wikipedia menyebut penelitian terakhir dari Historical Association di Inggris menyebutkan bahwa bumi itu bulat.

Seperti dilansir laman Theflatearthsociety, Komunitas Flat Eart Society Library memiliki perpustakaan online yang berisi tentang informasi bahwa bumi itu datar.

Selain itu mereka juga menyebutkan bahwa mereka sudah pernah beberapa kali diwawancarai oleh media masa.

Adanya perpustakaan tersebut ditunjukan untuk menjawab pertanyaan para pengunjung yang penasaran dengan oraganisasi The Flat Earth Society.

Organisasi ini menerima dengan terbuka bagi siapa saja yang ingin mendaftar masuk menjadi anggota organisasi yang mempercayai bahwa bumi itu datar.

Sedangkan konsep bumi yang bulat muncul pada abad ke-6 sebelum masehi. Bahwa di India, konsep Bumi bulat diakui dalam Shatapatha Brahmana dan Aitareya Brahmana.

Sekian postingan singkat kali ini, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here