Beranda Sipil Teknik Irigasi

Teknik Irigasi

314
0
BERBAGI
teknik irigasi
teknik irigasi

Halo rekan-rekan sekalian, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu. Kali ini saya akan membagikan sebuah artikel mengenai teknik irigasi untuk kalian semua, khususnya bagi rekan-rekan yang ingin belajar bertani. Baiklah tanpa berlama-lama langsung saja baca artikelnya dibawah ini.

Pengertian Irigasi

Irigasi merupakan suatu ilmu yang memanfaatkan air untuk tanaman mulai dari tumbuh sampai masa panen. Air tersebut diambil dari sumbernya, dibawa melalui saluran, dibagikan kepada tanaman yang memerlukan secara teratur, dan setelah air tersebut terpakai, kemudian dibuang melalui saluran pembuangan menuju sungai kembali.

Irigasi dikehendaki dalam situasi:

  1. Apabila jumlah curah hujan lebih kecil dari pada kebutuhan tanaman,
  2. Apabila jumlah curah hujan mencukupi tetapi distribusi dari curah hujan tidak bersamaan dengan waktu yang dikehendaki tanaman.

Irigasi merupakan usaha untuk mendatangkan air dengan membuat bangunan dan jaringan berupa saluran-saluran untuk mengalirkan air guna keperluan pertanian, membagi-bagikan air ke sawah-sawah atau ladang-ladang dengan cara yang teratur dan membuang air yang tidak diperlukannya lagi, setelah air itu digunakan dengan sebaik-baiknya.

Oleh karena itu, ilmu irigasi sangat penting untuk membuat petani atau rakyat sekitarnya dapat memanfaatkan sumber air yang ada, sehingga petani dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Manfaat Irigasi

Adapun manfaat yang dapat kita ambil dari irigasi adalah:

  1. Sistem dapat menjamin sepenuhnya persediaan air untuk tanaman.
  2. Sistem dapat menjamin waktu panen pada saat musim kering.
  3. Menjaga suhu tanah agar tetap dingin.
  4. Mencuci garam-garam yang berada dalam tanah.
  5. Memperkecil resiko rembesan air tanah.
  6. Agar tanah lebih mudah dikerjakan pada waktu membajak.

Maksud dan Tujuan Irigasi

Maksud irigasi ialah untuk mencukupi kebutuhan air guna pertanian dan tujuan irigasi tergantung dari kebutuhan untuk apa irigasi itu akan diperlukannya.

Maksud itu dapat dibagi dalam:

  1. Membasahi tanah.
  2. Merabuk.
  3. Mengatur suhu (temperatur) tanah.
  4. Menghindari gangguan dalam tanah.
  5. Kolmatase.
  6. Membersihkan air kotoran.
  7. Mempertinggi air tanah.

Kebutuhan pokok untuk kesuburan hidup tanaman adalah; unsur-unsur tertentu (hara), air, udara, cahaya, dan panas (suhu). Pertumbuhan akar dipengaruhi oleh tingkat tinggi rendahnya suhu tanah pada daerah perakaran, begitu pula dengan ketersediaan udara dalam tanah mempengaruhi pula pernafasan sebagian dari akar-akar tanaman.

Pertumbuhan tanaman akan menjadi baik bilamana disediakan kondisi ideal untuk tanaman tersebut. Unsur hara dalam konsentrasi yang optimum sangat diperlukan oleh tanaman. Unsur hara yang diperlukan adalah unsur hara makro dan mikro.

Ketersediaan unsur hara dalam tanah berupa senyawa kompleks yang sukar larut dan dapat berupa senyawa sederhana yang larut dalam air dan relatif tersedia untuk tanaman.

Keragaman jenis tumbuh-tumbuhan karena adanya pengaruh iklim yang kompleks. Selain butuh air, tanaman membutuhkan tempat untuk tumbuh yaitu tanah. Tanah yang baik untuk usaha pertanian adalah tanah yang mudah diolah, dan produktivitas tinggi. Sedangkan komposisi tanah untuk kepentingan pertanian berupa tanah mineral dengan kandungan bahan organic (humus) dan tentu saja unsur air dan udara ada pada komposisi tanah tersebut.

Demikian penjelasan singkat mengenai teknik irigasi, semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan petani. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa mendapat manfaatnya. Untuk mengikuti perbaruan konten blog ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses blog ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini