Beranda Blog & Website 5 Poin Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaftar Google Adsense

5 Poin Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaftar Google Adsense

134
0
BERBAGI

Halo para blogger darsitek, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang google adsense. Yap, adsense mungkin sudah tidak asing lagi untuk para master blogger yang sedang mengumpulkan pundi-pundi dolarnya di internet. Tetapi untuk para blogger awam mungkin tidak tau apa itu adsense. Baiklah saya akan menjelaskan dulu secara singkat apa itu adsense?

Menurut Wikipedia yang dikutip dari halamannya langsung, Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui pengertian adsense itu seperti apa, sekarang kita kembali ke topik pembahasan. Memang google adsense sendiri sangat menjanjikan untuk menjadi penghasilan para blogger. Google sendiri merupakan advertiser yang membayar publishernya paling tinggi dari semua advertiser yang ada di internet, karena itu banyak para blogger yang berlomba-lomba mendaftarkan blog mereka untuk menjadi publisher adsense. Bukan hanya kalangan pemula saja terkadang blogger yang sudah tuapun ingin sekali menjadi publisher/penayang google adsense.

Buat para blogger yang sedang mencari informasi mengenai persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk mendaftarkan blog ke google adsense, mungkin ini adalah artikel yang cocok untuk anda yang pemula. Karena saya sendiri juga adalah orang yang baru mengenal adsense, pada artikel mengenai adsense saya akan menuliskannya untuk anda berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Nah, untuk tips dibawah ini mungkin terbilang agak susah-susah gampang. Karena semua orang yang pernah mengenal adsense pasti tau kalau mendaftar ke adsense itu memang susah-susah gampang. Namun dengan pengalaman yang sudah saya terapkan mungkin ini bisa menjadi ide modal awal anda untuk dapat diterima menjadi publisher adsense. Berikut ini yang harus anda lakukan sebelum mendaftarkan blog atau website anda ke adsense:

5 Poin Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mendaftar Google Adsense

1. Artikel Harus Ditulis Dengan Kata-Kata Sendiri

Artikel anda harus original artinya harus terhindar dan bebas dari copy paste, google adsense sangat cerdik dan pintar untuk melacak konten copas. Untuk mengetahui tulisan anda copas atau bukan silahkan kunjungi situs copyscape, cari saja digoogle. Kalau dari semua artikel anda masih tidak lolos dari copyscape jangan berharap banyak untuk lolos dan diterima untuk menjadi publisher adsense.

Konten yang original merupakan kesukaan dari adsense. Jadi, sebelum mendaftar anda harus berhati-hati dengan konten anda. Kalau memang konten anda masih ada yang berbau copasan, silahkan hapus saja konten anda dan minimal artikel yang harus anda tulis adalah 300 karakter per artikel dan satu lagi jumlah artikel anda minimal 20 artikel berkualitas, entah itu konten berbahasa inggris maupun indonesia. Memang tidak ada yang tau pasti berapa jumlah maksimal artikel yang adsense berikan, namun tidak ada salahnya kita terapkan pedoman ini. Tetapi, setau saya 5 buah artikel saja pun sudah bisa diterima adsense asalkan konten tersebut asli dan orisinil tulisan tangan kita sendiri.

2. Perhatikan Trafik Blog atau Website

Sebelum mengajukan blog atau website anda ke adsense, ada baiknya kita harus melihat dulu trafik blog atau website kita apakah sudah memungkinkan atau belum. Boleh dibilang poin ini tidak terlalu penting untuk adsense, namun perlu saya garis bawahi bahwa trafik yang rendah akan berdampak buruk untuk blog kita. Alasannya apa?

Trafik yang rendah sangat mempengaruhi penghasilan anda. Tidak ada pengunjung berarti tidak ada penghasilan, semakin tinggi trafik blog berarti akan berdampak besar bagi penghasilan anda. Jadi usahakan untuk trafik yang baik adalah kisaran 100 pengunjung unik setiap harinya. Selain penghasilan anda akan berdampak baik, iklan yang ditampilkan oleh adsense juga akan bervariasi. Karena kita sudah tahu kalau google menampilkan iklan dari permintaan lalu lintas pengunjung. Itulah sebabnya trafik blog atau website anda perlu dipertimbangkan sebelum mendaftar adsense.

Loading...

3. Umur Blog atau Website

Hal yang berikutnya yang harus anda perhatikan adalah usia domain atau blog anda. Memang tidak ada kepastian tentang hal ini namun menurut beberapa sumber publisher adsense yang sudah sukses umur blog ini sangat penting sekali diperhatikan saat mendaftar adsense.

Perlu diperhatikan bahwa google adsense tidak hanya melihat dari blog anda secara sepintas saja tapi adsense juga melihat dari webmaster dengan segala kecanggihan yang menjadi acuan, maka dari itu umur blog atau website anda harus diperhatikan. Banyak yang mengatakan kalau umur blog seharusnya minimal 6 bulan, ada juga yang mengatakan minimal 3 bulan. Tetapi tidak ada salahnya kita sebagai yang awam di adsense harus mengikuti jejak para pendahulu. Karena mereka berteori sesuai dengan pengalaman mereka sendiri.

4. Navigasi pada Halaman Blog atau Website

Hal yang keempat adalah membuat navigasi blog. Dalam hal ini memang google adsense sudah memberi wawasan dan kebijakannya jadi ini adalah sebuah keharusan dan bukan rekayasa dari kalangan blogger. Nah, biasanya navigasi yang diminta oleh adsense bisa seperti berikut ini.

  1. About Me
  2. Sitemap
  3. Privacy Policy
  4. Terms of Service
  5. Disclamer
  6. Contact

Ada 6 halaman yang anda harus buat sebelum mendaftarkan blog anda ke adsense. Keenam syarat diatas adalah hal mutlak yang harus dipenuhi oleh sebuah blog atau website jika ingin diterima sebagai publisher adsense.

5. Baca dengan Teliti Kebijakan Google Adsense

Banyak yang tidak membaca kebijakan adsense ketika hendak mendaftarkan blog. Padahal kebijakan google adsense ini adalah poin yang paling penting diantara seluruh poin yang telah dijelaskan diatas. Kebijakan Google Adsense mencakup seluruh peraturan google. Jadi disini sudah berisi seluruh larangan-larangan dan sanksi-sanksi apa saja yang adsense berikan untuk setiap publishernya. Didalam halaman kebijakan google adsense mungkin agak membingungkan serta begitu banyak penjelasan disana. Tetapi tidak ada salahnya jika kita sempatkan membacanya walaupun sejam saja.

Fokuskan sehari saja untuk memahami seluruh kebijakan yang telah google adsense berikan. Terkadang inilah yang menjadi penyebab kegagalan diterima adsense pada review kedua karena banyak yang tidak membaca kebijakan adsense. Maka dari itu bacalah kebijakan tersebut dengan seksama karena inilah poin penentu untuk blog anda agar diterima menjadi publisher adsense.

Silahkan cermati secara seksama poin diatas. Pahami dan terapkan pada blog atau website anda. Insya Allah kalau kalian menerapkan seperti apa yang telah saya jelaskan diatas, saya yakin blog anda pasti diterima oleh adsense. Semua itu tidak sulit kalau anda mau memahaminya. Namun kalau anda masih bingung dan bimbang dengan kebijakan adsense, anda bisa tunda niat anda untuk menjadi publiser adsense. Masih banyak PPC yang lain yang bisa membayar anda. Namun semua itu tentu kembali lagi kepada kita, mau berhasil atau tidak. Sesuatu tidak akan membuahkan keberhasilan tanpa adanya usaha dan ketekunan. Maka dari itu yakinlah pasti akan diterima google adsense. Berjuanglah para sahabat bloggerku! Saya menunggu testimoni kalian. Kalau sudah diterima adsense, jangan lupa tinggalkan jejak kalian disini.

Terimakasih telah membaca artikel ini. Ini adalah postingan pertama saya tentang adsense. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share, like dan komen jika kalian suka artikel ini. Sampai ketemu pada artikel adsense selanjutnya. Salam darsitek!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here