Beranda Arsitek Mengenal Aluminium Composite Panel (ACP) Dan Berbagai Keunggulannya

Mengenal Aluminium Composite Panel (ACP) Dan Berbagai Keunggulannya

1916
0
BERBAGI
contoh ACP

Postingan siang kali ini akan membahas mengenai Aluminium Composite Panel dan berbagai keunggulannya. ACP lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan Alcopan/Alkopan. Baiklah untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian dan Definisi

Alumunium Composite Panel (ACP) adalah merupakan material yang memadukan antara plat Alumunium dan bahan composite. Aluminium Composite Panel ( ACP) dapat digambarkan sebagai panel datar yang terdiri dari inti berbahan non-aluminium yang disatukan diantara dua lembar aluminium. Lembar aluminium dapat dilapisi dengan cat PVDF atau Polyester.

Jenis ACP menurut lapisan catnya terdiri dari 2 macam, yaitu jenis Polyester (PE) yang biasa banyak digunakan untuk interior, dan jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa di gunakan di eksterior, karena jenis ini tahan segala jenis cuaca, sehingga lapisan warna dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan jenis Polyester.

acp component

Alumunium Composite panel memiliki sifat dan daya tahan yang kuat terhadap air dan berbagai macam cuaca, oleh karena itu Alumunium Composite panel banyak digunakan sebagai panel pelapis dinding dari suatu bangunan baik di in door maupun out door, selain untuk aplikasi dinding Alumunium Composite Panel juga dapat digunakan dalam berbagai macam aplikasi salah satunya sebagai perangkat interior dan eksterior.

Aluminium Composite panel terdiri dari berbagai macam warna sesuai dengan permintaan, ketebalan alumunium composite panel umumnya 4 mm. Aluminium composite panel, membuat gedung lebih menawan dan terkesan mewah.

acp modern

ACP sering digunakan untuk:

  • Interior dan exterior bangunan baru atau lama.
  • Gedung bertingkat tinggi (high rise building).
  • Pesawat ruang angkasa.
  • SPBU.
  • Pertokoan (ruko).
  • Perkantoran.
  • Dealer otomotif.
  • Papan iklan.
  • Billboards.
  • Display unit.
  • Kamar mandi, dll.

Keunggulan Aluminium Composite Panel

Keunggulan dari bahan composite ini adalah beratnya yang lebih ringan tetapi dengan kekuatan yang lebih tinggi, tahan karat, dengan biaya perakitan yang lebih murah karena berkurangnya jumlah komponen perakitannya dan tidak memerlukan baut-baut penyambung.

Sifat dasar aluminium composite panel adalah keras dan kaku tetapi ringan dalam berat. Dilapisi aluminium yang dapat diwarnai dengan bermacam-macam warna. Aluminium composite panel dipakai secara luas dengan atau tidak dengan warna metalik, juga dapat memakai pola warna imitasi dari material lain seperti kayu dan marmer.

pilihan warna acp
aluminium composite panel color

Penerapan Aluminium Composite Panel

Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada bangunan tinggi eksternal, tetapi juga dapat digunakan dalam bentuk apapun seperti partisi, langit-langit buatan dan lain-lain. Aluminium Composite Panel juga banyak digunakan dalam industri furniture untuk penampilan yang lebih fresh dan elegan. ACP juga secara luas digunakan dalam industri signage sebagai bahan alternatif menggantikan bahan substrat yang lebih berat dan mahal.

acp dengan bahan substrat

Aluminium Composite Panel sanggup memberikan nilai tambah pada bangunan atau gedung yang menggunakan Aluminium Composite Panel. Pemesanan dan pengaplikasian Aluminium Composite Panel yang mudah serta warna-warni yang terdapat pada produk ini membuat banyak kontraktor / developer berminat untuk mempertegas kesan dari bangunan/gedung yang mereka kerjakan. Selain itu dengan harga Aluminium Composite Panel yang terjangkau, bangunan / gedung pun memiliki nilai tambah dan semakin megah.

Loading...

Aluminium Composite Panel dewasa ini sangatlah populer karena perawatannya sangat mudah dilakukan, Alumunium composite panel dapat dibersihkan kembali apabila sudah terlihat kotor.

penerapan acp pada gedung

Berbagai Macam Merk Aluminium Composite Panel yang Beredar

Terdapat berbagai merk Aluminium Composite Panel yang beredar dipasaran dalam berbagai warna standard maupun special colour. Seperti yang telah dijelaskan diatas, terdapat 2 jenis coating atau pelapisnya yakni:

  • PE (Polyester) dengan tebal coating 0.21 mm dan tebal total material 4 mm yang umumnya diperuntukkan interior atau indoor
  • PVDF (Polyvinylidene DiFluoride) dengan tebal coating mulai dari 0.3 mm sampai dengan 0.5 mm dan tebal total material 4mm yang lebih kuat dan tahan lama untuk dipasang sebagai exterior atau outdoor

Selain warna-warna standard, dipasaran juga tersedia special colour seperti misalnya:

  • Sparkle/Sparkling.
  • Spectrum atau warna bunglon.
  • Wood Motif atau Motif Kayu.

Berikut beberapa merek yang sudah banyak beredar, di Indonesia sendiri sudah banyak toko bahan bangunan yang menyediakan ACP.

New Alucopan – Alcopla
Aluminum Composite Panel Seven
Aluminum Composite Panel Goldstar
Aluminium Composite Panel Luminate
Aluminium Composite Panel Alustar
Aluminium Composite Panel Aluontop
Aluminium Composite Panel Alumetal
Aluminium Composite Panel Alumebond
Aluminium Composite Panel Alucobond
Aluminium Composite Panel Aluclad

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here