Beranda Tips & Trik 7 Rahasia Jadi Kaya Ala Orang Tionghoa Yang Belum Pernah Anda Ketahui

7 Rahasia Jadi Kaya Ala Orang Tionghoa Yang Belum Pernah Anda Ketahui

143
0
BERBAGI
Jack Ma adalah orang Tionghoa yang paling kaya di negaranya

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemapanan secara finansial adalah pencapaian hidup yang banyak dicari oleh manusia masa kini. Masing-masing dari kita mungkin berencana bekerja diperusahaan ternama demi mendapat gaji mumpuni. Sementara sebagian lainnya akan mencoba peruntungan dengan merintis bisnis untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam hidup. Padahal jika dikaji lebih jauh lagi, besarnya pemasukan adalah satu-satunya cara untuk menjadi kaya.

Teman-teman kita dari etnis Tionghoa telah membuktikan bahwa apabila kita ingin mencapai kemapanan finansial, kita harus memiliki trik tersendiri dalam mengatur keuangan kita. Dengan cerdas mengatur keuangan, keinginan untuk mapan secara finansial akan lebih mudah tercapai daripada hanya sekedar bergaji besar. Nah untuk memahami seperti apa 7 Rahasia Jadi Kaya Ala Orang Tionghoa Yang Belum Pernah Anda Ketahui. Dalam artikel kali ini, akan mengulas etnis ini dalam mengatur keuangan mereka.

1. Mereka Akan Senantiasa Menyisihkan 50% dari pendapatan untuk ditabung.

Salah satu kunci keberhasilan keuangan etnis Tionghoa adalah mereka senantiasa menabung sebanyak 50% dari total pendapatan yang diterima setiap bulannya. Etnis Tionghoa percaya bahwa dengan menabung setengah dari seluruh pendapatan yang mereka punya dapat menjamin kelangsungan hidup kedepannya. Memakai uang sesuai kebutuhan serta enggan berfoya-foya inilah yang menjadikan etnis Tionghoa selalu terjaga keuangannya. Haram hukumnya bagi etnis Tionghoa untuk memakai uang secara berlebihan, mereka sebisa mungkin akan mengatung ruang keuangan agar uang yang ada tidak terbuang secara sia-sia.

2. Mau Bekerja Keras Dan Tidak Pernah Menyerah.

Filosofi kaya ala Tionghoa lainnya yang bisa kita contoh adalah mereka mau bekerja keras demi mendapatkan apa yang ia inginkan. Teman-teman dari etnis Tionghoa tidak pernah malu meniti karir dari bawah jika memang hal tersebut dibutuhkan. kemamuan bekerja dari bawah ini juga berguna untuk membuat mereka lebih menghargai uang jika sukses nantinya. Dengan merasakan jatuh bangunnya mencari uang atau merintis bisnis mulai dari kecil membuat orang Tionghoa kelak tidak akan sembarangan menggunakan harta untuk bersenang-senang. Teman-teman etnis Tionghoa tidak menghindari kerja keras dan justru berani masuk kedalamnya karena tau bekerja. Hal tersebut akan mengingatkan mereka tentang pentingnya arti bekerja keras dan berteman.

3. Berusaha Untuk Selalu Menghindari Hutang Apalagi Untuk Hal-Hal Yang Tidak Dibutuhkan.

Mungkin sebagian besar dari kita hingga saat ini masih mau mengutang bahkan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan, misalnya saja anda membeli ponsel seri terbaru dengan kartu kredit hanya karena teman-teman pergaulanmu menggunakannya. Padahal jika dilihat dari segi kebutuhannya kamu jelas tidak memerlukan ponsel tersebut. Anda telah membuang uang hanya untuk meningkatkan pamor dengan teman-teman anda. Hal berbeda justru terjadi pada teman-teman dari etnis Tionghoa, mereka lebih suka berhutang demi kepentingan mendesak atau jika telah ingin berinvestasi. Sementara itu untuk kebutuhan bersenang-senang, mereka akan memilih barang atau hal yang harganya sesuai dengan budget yang memang tersedia.

4. Selain Tabungan, Mereka Juga “Memelihara Uang” Dari Bisnis Yang Menjanjikan.

Etnis Tionghoa tidak hanya gemar menabung, tapi juga berinvestasi baik itu berupa properti, saham, atau obligasi. Jika tabungan akan dianggap sebagai bentuk persediaan untuk kebutuhan mendesak, maka investasi akan digunakan untuk menjamin hidup mereka dimasa mendatang. Maka dari itu tak mengherankan jika mereka senang membelanjakan uangnya untuk membeli rumah, apartemen, atau mungkin bermain dibursa saham. Alih-alih menggunakan uang untuk membeli mobil atau berlibur yang dilihat dari segi investasi tidaklah menguntungkan, mereka lebih suka memakai uang tersebut untuk membeli sesuatu dimasa depan karena akan mendapatkan untung berlipat ganda. Suku Tionghoa percaya bahwa dengan cerdas memanfaatkan uang kelak keuntungan yang besar akan datang.

Loading...

5. Tidak Gentar Menawar Dan Cermat Sebelum Membeli Sebuah Barang.

Mungkin anda sedikit terkejut mendengar bahwa orang Tionghoa sangat gemar menawar demi mendapat harga terbaik. Mereka tidak akan ragu dan gengsi menawar harga sebuah barang yang diinginkan demi mendapat harga yang menurut mereka paling sesuai. Mereka tau caranya membelanjakan uang dengan cara yang cerdas. Sebelum akan membeli AC baru misalnya mereka akan mencari tau merek apa yang memberikan spesifikasi terbaik dengan harga paling realistis. Selain itu mereka juga menghitung dengan cermat biaya maintenance yang dibutuhkan, mulai dari biaya perawatan sampai dengan listrik yang diperlukan. Teman-teman dari etnis Tionghoa akan lebih suka membeli AC yang sedikit lebih mahal asal jika dihitung dari biaya perawatan lebih murah dibandingkan AC murah tapi biaya perawatannya mahal.

6. Membangun Relasi Baik Dengan Orang Yang Dianggap Menguntungkan.

Jangan dulu menganggap negatif poin yang satu ini, orang Tionghoa sesungguhnya akan menjalin relasi baik dengan semua orang. Hanya saja dengan pihak-pihak yang bisa memberi keuntungan lebih, mereka akan berusaha membangun hubungan lebih baik lagi. Orang Tionghoa percaya bahwa setiap orang akan memberi keuntungan berbeda dan dari sanalah mereka akan menentukan sikap pada atasan atau relasi bisnis yang menjanjikan. Orang Tionghoa tidak akan mentraktir atau menjamu mereka untuk makan. Harapannya adalah dengan kepedulian ini kelak atasan atau relasi bisnis mengingat kebaikan tersebut dan membalasnya apabila orang yang bersangkutan membutuhkannya. Relasi yang baik adalah salah satu bentuk investasi yang begitu dijaga oleh orang etnis Tionghoa.

7. Konsisten Melakukan Manajemen Keuangan Yang Telah Ditetapkan.

Poin terakhir yang paling penting, anda ingat bila ingin sekaya teman-teman dari etnis Tionghoa adalah sikap konsisten menjalani semuanya. Dengan sikap konsisten, kelak kemapanan finansial pasti tercapai. Anda tidak akan bisa kaya jika hanya menabung selama dua atau tiga bulan pertama dan sisanya untuk berfoya-foya. Sebaiknya anda perlu bersikap konsisten setiap bulannya untuk mencapai kemapanan finansial yang diinginkan. Jangan pernah tergoda untuk hidup mewah jika memang anda tidak mampu, selain itu manfaatkanlah uang anda untuk berinvestasi daripada sekedar berfoya-foya. Percayalah dengan hidup sederhana dan cerdas dalam mengelola uang secara konsisten kelak akan sampai pada situasi keuangan yang mapan.

Pada akhirnya kecerdasan mengatur uang yang kita terima adalah kunci kita jika ingin mencapai kemapanan finansial. Tanpa adanya kecerdasan tersebut, sebesar apapun gaji atau pendapatan yang kita terima, semuanya akan berakhir sia-sia. Nah, jika kita juga ingin sesukses teman-teman kita dari etnis Tionghoa soal finansial, anda bisa memulai dari sekarang mengaplikasikan manajemen uang seperti yang mereka punya.

Itulah 7 Rahasia Jadi Kaya Ala Orang Tionghoa Yang Belum Pernah Anda Ketahui, semoga bisa memotivasi kehidupan finansial anda agar lebih baik lagi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here