Beranda Teknologi Cara Memperbaiki Mouse Tidak Terdeteksi

Cara Memperbaiki Mouse Tidak Terdeteksi

281
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
asdar mouse

Asdar.id – Komputer merupakan alat elektronik yang penggunaannya sudah sangat meluas. Tidak hanya di kalangan orang dewasa tetapi juga pada kalangan anak – anak dan remaja. Penggunaan komputer pada kehidupan sehari-hari terkadang memberi dampak positif juga dampak negatif. Dalam sisi positifnya, komputer dapat membantu manusia dalam mengerjakan tugas, atau memudahkan manusia melakukan suatu hal. Dari sisi negatifnya, komputer juga dapat membuat seseorang merasa kecanduan.

Mengoperasikan sebuah komputer harus didukung dengan komponen komponen pendukung, contohnya keyboard, monitor, mouse, speaker, dan lain sebagainya. Tanpa salah satunya saja kita bisa kesusahan dalam mengoperasikannya. Contohnya saja, kita akan kesusahan bila ada mouse tetapi tidak ada keyboard, dan begitu sebaliknya.

Dalam pengoperasian komputer kita juga sering kali mengalami gangguan atau masalah, misalnya mouse yang dipakai tidak bisa terdeteksi. Maksudnya adalah mouse yang kita pakai tidak mau tersambung dalam komputer kita. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ini bisa terjadi karena beberapa hal, yaitu:

  1. Mouse yang buruk atau kurang berkualitas.
  2. Driver mouse yang belum terpasang.
  3. File Sistem windows yang corrupt.
  4. Port pada mouse yang sudah tidak berfungi atau rusak.
  5. Mouse kurang terhubung dengan benar atau kurang pas.

Hal-hal inilah yang menjadi penyebab mouse kita sering tidak terdeteksi dengan baik oleh komputer. Maka di sini aka dijelaskan cara memperbaiki mouse yang tidak terdeteksi agar bisa kembali terdeteksi:

Cara Memperbaiki Mouse Tidak Terdeteksi

  1. Lepas mouse dari port komputer. Pastikan saat melepas dan memasang kembali mouse pada port, komputer dalam keadaan mati agar nantinya tidak terjadi konsleting.
  2. Hidupkan kembali komputer tersebut. Jika terdapat pesan kesalahan yang muncul, ada baiknya melakukan analisis berikutnya.
  3. Coba posisikan mouse di tempat yang teratur. Terkadang ada mouse yang harus diletakkan pada tempat yang datar agar dapat beroperasi.
  4. Jika cara di atas belum berhasil, coba lakukan dengan masuk ke dalam menu “Properties” lalu selanjutnya pilih “Hardware” kemudian pilih “Device Manager”.
  5. Kemudian, klik ikon mouse dengan menggunakan tombol “Tab” pada keyboard, lalu hapus driver mouse tersebut. Kemudian restart komputer.

Apabila sambungan mouse pada komputer serta driver mouse sudah benar tetapi mouse tidak dapat terdeteksi, ada kemungkinan mouse kita mengalami kerusakan dan perlu untuk mengganti yang baru atau memperbaiki mouse tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini