Beranda Pemrograman Distro Linux Paling Stabil Untuk Programming

Distro Linux Paling Stabil Untuk Programming

95
0
BERBAGI
Bagi yang berminat guest post, blog ini menyediakan form guest post untuk kalian yang ingin blognya mendapat kunjungan dari blog ini. Silahkan kunjungi melalui link guest post.
Linux Mint
Linux Mint

Asdar.id – Sebagai seorang pembuat program-program atau biasa disebut programmer pastinya membutuhkan sebuah platform atau sebuah sarana untuk membuat dan mengembangkan programnya. Seorang programmer biasanya membuat program tersebut menggunakan sebuah sistem operasi yang berbasis GNU atau Linux. Linux atau GNU merupakan sistem operasi open source yang diberikan secara gratis berbeda dengan sistem operasi windows.

Sistem operasi Linux tidak banyak orang yang bisa menggunakannya, hanya beberapa orang saja yang mahir bahkan suka menggunakan Linux. Sistem operasi ini terbilang sulit mengoperasikannya jika kita tidak benar-benar memahaminya. Laptop saja masih banyak yang menggunakan sistem operasi Windows serta Mac os untuk apple. Tak heran bila masih banyak orang yang samar-samar menggunakan sistem operasi Linux ini.

Sebagai programmer, pastinya akan memilih sistem operasi dari Linux yang terbaik dalam melakukan programming. Karena terkadang masih ada distro linux yang belum stabil untuk melakukan programming atau pemrograman. Untuk mengetahui apa saja distro Linux yang baik dan stabil untuk melakukan programming, simak penjelasan di bawah ini.

Distro Linux Paling Stabil Untuk Programming

  1. Linux Fedora

Distro linux Fedora ini merupakan sistem operasi yang sangat ringan dan cocok digunakan serta nyaman digunakan oleh para programmer. Alasan dalam menggunakan Linux Fedora ini karena ada hal yang lebih dari sekadar packet manager atau juga dekstop environtment yaitu Fedora Orthodox Advocate Open Source. Ini membuat semua yang ada di dalam sistem operasi Linux Fedora adalah open source sehingga tidak ada proprietary software.

  1. Linux Ubuntu

Yang berikutnya adalah sistem operasi Linux Ubuntu. Biasanya para programmer atau pengguna pemula menggunakan distro linux ini pada langkah awal. Linux Ubuntu ini cara penggunaan atau memakainya terbilang mudah sehingga cocok untuk programmer pemula. Jika ingin menjalankan komputer dengan kemampuan hardware yang sangat terbatas, kita bisa mecobanya dengan menggunakan Ubuntu MATE, Xubuntu, serta Lubuntu. Distro linux Ubuntu ini cukup mumpuni untuk para programmer melakukan multitasking dan menyelesaikan pekerjaan secara efektif efisien.

  1. Linux Mint

Distro linux ini merupakan salah satu distro linux yang paling cepat berkembang. Saat ini linux Mint memulai untuk menggantikan posisi sebagai OS (Operasi Sistem) pengganti untuk sistem operasi Windows dengan pengalaman dekstop yang mendekati sempurna. Dekstop Cinnamon yang ada pada Linux Mint merupakan yang mudah digunakan. Linux Mint juga memiliki akses ke repositori perangkat lunak Ubuntu. Ini sangat disarankan kepada programmer yang ingin membuat program.

  1. Linux Debian

Ada banyak distro Linux yang cocok digunakan programmer sesuai kebutuhan mereka. Programmer bisa menginstal semua tool yang dibutuhkan, tetapi Linux Debian sering disarankan sebagai pilihan yang terbaik. Linux Debian mempunyai koleksi paket yang reputasinya diuji secara teratur, kokoh, dan diperbarui. Stabilitas tersebut membuat programmer untuk lebih fokus mengurus pengembangan programnya. Namun, hal ini perlu diketahui lagi bahwa linux Debian hanya direkomendasikan untuk programmer yang sudah mempunyai pengalaman bekerja dengan Linux. Platform yang diberikan Linux Debian adalah platform rock-solid yang berguna untuk pengembangan bagi seorang programmer.

  1. Linux Centos

Distro linux yang satu ini merupakan distro linux yang terbaik untuk sebuah server. Linux Centos juga dikenal sangat stabil dalam kinerja yang baik. Dengan faktor lain seperti perangkat keras, keamanan, efisiensi daya membuat kinerja seorang programmer menjadi lebih optimal. Alasan lain mengapa programmer harus memakai sistem operasi ini karena Centos merupakan versi gratis dari RHEL. Centos juga memiliki manajemen paket rpm dan yum yang sangat populer. Centos juga memiliki dukungan jangka panjang ke depannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini