Beranda Teknologi Materi Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

Materi Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

862
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
TKJ
tkj

Asdar.id – SMK merupakan sekolah berbasis kejuruan yang setara dengan SMA. SMK memiliki kelebihan dibanding SMA karena mereka dapat memiliki keterampilan dalam bidangnya. SMK dididik untuk bisa turun langsung ke dunia industri atau dunia kerja. Tetapi tidak ada salahnya lulusan SMK dapat lanjut ke dunia perkuliahan. SMK memiliki banyak jurusan tergantung masing” sekolah yang menetapkan. Ada SMK yang berbasis ekonomi atau dulunya disebut SMEA, ada SMK yang berbasis teknik atau lebih sering disebut STM, ada juga SMK yang berbasis kecantikan atau biasa disebut SMKK. Masih banyak SMK dengan jurusan yang lain contohnya SMK pertanian, SMK perhotelan, SMK pelayaran, SMK kesehatan, dan masih banyak lagi. Di semua jurusan itu, murid dididik untuk mempunyai keterampilan sesuai bidangnya agar nantinya saat di dunia kerja sudah paham apa yang akan dia kerjakan.

Di Indonesia, banyak sekali jurusan yang menjadi favorit atau pilihan terbaik yang dipilih murid. Salah satunya adalah jurusan TKJ. TKJ merupakan jurusan Teknik Komputer Jaringan yaitu jurusan yang membidangi materi komputer serta jaringannya. Jurusan ini menjadi favorit saat di SMK serta di dunia perkuliahan. Murid yang kerap masuk ke jurusan ini, terkadang melanjutkannya dengan menjadi seorang programmer atau admin server di suatu instansi. Tak heran bila lulusan dari TKJ memiliki otak yang cerdas dalam mengingat materi serta rumus-rumus program yang dibuatnya.

Materi dalam jurusan TKJ juga sangat beragam, mulai dari materi dasar hingga materi yang tertinggi. Materi di dalam jurusan TKJ juga tidak sepenuhnya sulit, jika kita mau memahaminya kita pasti bisa mempelajarinya dengan baik.

Materi-materi yang ada di Jurusan TKJ :

  1. Perakitan Komputer

Materi ini merupakan materi dasar yang wajib diketahui oleh seorang murid jurusan TKJ. Mengapa? Karena materi ini mengajarkan kita untuk memahami cara untuk merakit bagian-bagian atau komponen yang ada dalam komputer. Contohnya seperti memasang motherboard, memasang kipas, memasang processor, memasang RAM, dan komponen lainnya. Dalam hal ini diperlukan ketelitian karena jika terjadi kesalahan penempatan atau kesalahan lainnya akan menyebabkan terjadinya error pada komputer.

  1. Pemrograman Dasar

Merupakan materi pemrograman yang dasar diajarkan. Di sini kita diajarkan untuk membuat program-program dasar yang dijalankan pada komputer. Biasanya program tersebut dibuat dengan menggunakan aplikasi khusus untuk membuat program, seperti Java, C++, Visual Basic, dan lainnya. Program yang diajarkan biasanya hanya program sederhana saja seperti program kalkulator, program penghitungan jumlah barang, dan lain lain.

  1. Rancang Bangun Jaringan

Pada materi ini diajarkan untuk membuat atau merancang sebuah jaringan komputer. Awalnya kita akan diberi gambaran untuk membuat jaringan itu sendiri secara virtual, selanjutnya kita akan diajarkan membangun jaringan secara nyata dengan menggunakan alat-alat jaringan seperti hub, router, kabel LAN, komputer, dan alat pendukung lainnya. Di sini kita bisa belajar untuk mengetahui kesalahan apa saja serta solusinya jika terjadi saat membangun sebuah jaringan komputer.

  1. Troubleshooting Jaringan

Memahami jaringan yang sudah dibangun dengan baik pastinya menjadi suatu kesenangan tersendiri bagi kita. Kita berhasil membangun jaringan yang sesuai harapan atau keinginan tanpa adanya permasalahan. Tetapi apa jadinya jika jaringan kita terjadi masalah? Di TKJ kita juga diajarkan untuk memahami atau mengindikasi permasalahan pada jaringan. Contohnya seperti kita memonitoring jaringan yang sudah kita bangun. Sering melakukan pengecekan pada jaringan kita jika mulai terjadi gangguan.

  1. Sistem Operasi Jaringan

Setelah banyak membahas tentang masalah pada hardware komputer, kali ini kita akan membahas perangkat lunak apa yang akan digunakan pada jaringan tersebut. Di sini dinamakan Sistem Operasi Jaringan atau disebut juga SOJ. Dalam materi ini kita diajarkan untuk menjadi administrator/admin dalam menjalankan komputer kita. Contohnya mengatur ip address client kita, mengatur jaringan berbagi sumber daya pakai, membagi-bagi data ke sesama jaringan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini