Beranda Desain Gambar Download Detail Kuda-Kuda Atap Baja Ringan DWG AutoCAD

Download Detail Kuda-Kuda Atap Baja Ringan DWG AutoCAD

2943
1
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
detail kuda-kuda atap baja ringan
detail kuda-kuda atap baja ringan

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Hari ini saya akan membagikan referensi Detail Kuda-Kuda Atap Baja Ringan DWG AutoCAD kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Gambar ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi gambar AutoCAD, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar gambar.

Pengertian Kuda Kuda Baja Ringan

Kuda-kuda atap baja ringan adalah sebuah susunan rangka dari bahan baja yang berperan sebagai penopang bean atap sekaligus bisa memberikan bentuk atap rumah. Struktur kuda-kuda termasuk dalam struktur framework. Material kuda-kuda sendiri ada yang terbuat dari bahan bambu, beton bertulang, kayu, hingga baja.

Adapun fungsi konstruksi kuda-kuda itu sendiri adalah untuk menahan dan menerima beban yang berasal dari atap, seperti beban angin, air hujan, plafon, genteng, list plank dan reng usus, serta beban yang berasal dari konstruksi kuda-kuda tersebut itu sendiri. Awalnya material kuda-kuda pada atap rumah menggunakan material kayu, akan tetapi semakin sulitnya mendapatkan kayu berkualitas dan harganya yang semakin mahal, kini material kuda-kuda sudah mulai beralih ke baja ringan atau material zincalum.

Pemasangan Kuda-Kuda Atap Baja Ringan

Material baja ringan sebagai bahan pemasangan kuda-kuda dikenal juga dengan sebutan kanal C, yakni sebagai bahan dalam perakitan kuda-kuda, sementara reng sendiri sebagai bahan pada rangka atap. Baik reng maupun kanal C diproduksi dengan ketebalan dan ukuran yang bervariasi. Inilah yang wajib diperhatikan jika hendak memakai material atap yang bersifat lebih berat seperti genteng.

Hal yang tak kalah penting dalam pemasangan kuda-kuda adalah jarak antara kuda-kuda itu sendiri. Jarak maksimal yang dianjurkan ialah 120 cm. Ini dilakukan supaya reng tidak sampai melendut akibat tidak bisa menahan atap genteng. Untuk memasang kuda-kuda atap baja sendiri membutuhkan beberapa peralatan, mulai dari sekrup, braket L, hingga talang zincalum.

Fungsi braket L untuk meletakkan kuda-kuda pada ring balok. Kemudian sisi bawa braket dari bahan galvanis tersebut dibatukan ke dalam ring balok menggunakan dinabolt, sementara pada sisi vertikalnya sendiri dilekatkan pada kuda-kuda menggunakan sektrup. Penggunaan talang zincalum sendiri diperlukan jika model atapnya memiliki jurai dalam. Biasanya dibutuhkan apabila atap rumah yang digunakan berbentuk limas.

Ada beberapa kelebihan memakai kuda-kuda atap baja ringan, seperti lebih cepat proses pengerjaannya. Jika dibandingkan memakai kayu, pekerjaan rangka pada atap baja ringan ini lebih cepat karena selain bobotnya lebih ringan, juga tak membutuhkan sambungan-sambungan secara khusus seperti pada pekerjaan kuda-kuda berbahan kayu.

Download Detail Kuda-Kuda Atap Baja Ringan DWG AutoCAD

File yang saya bagikan kali ini menyajikan gambar detail kuda-kuda atap baja ringan yang lumayan lengkap. Gambar hanya terdiri dari detail saja. Tidak begitu lengkap karena gambar ini hanyalah untuk tujuan edukasi saja tetapi tetap bisa digunakan dilapangan sebagai acuan. Hanya sekedar untuk memberikan referensi pembelajaran ataupun acuan gambar kerja. Ini sangat bagus untuk pemula atau yang baru menekuni bidang arsitektur. Silahkan disesuaikan dengan gambar utamanya jika ingin membuat detail-detail lainnya, tentunya harus memahami dulu struktur kuda-kuda baja ringan.

Gambar Detail Kuda-Kuda Atap Baja Ringan DWG AutoCAD adalah merupakan salah satu contoh desain gambar yang ada pada umumnya diterapkan pada pekerjaan terkait pada masing-masing wilayah Indonesia.

Gambar ini sudah dalam format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2004, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.

Silahkan didownload Detail Kuda-Kuda Atap Baja Ringan DWG AutoCAD dibawah ini:

Detail Kuda-Kuda Atap Baja Ringan DWG AutoCAD

Google Drive DOWNLOAD[2.85MB]
Mediafire DOWNLOAD[2.85MB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Detail Kuda-Kuda Atap Baja Ringan DWG AutoCAD, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini