Beranda Desain Gambar Download Detail Segitiga Kuda-Kuda Baja Ringan DWG AutoCAD

Download Detail Segitiga Kuda-Kuda Baja Ringan DWG AutoCAD

5806
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
detail segitiga kuda-kuda baja ringan
detail segitiga kuda-kuda baja ringan

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Hari ini saya akan membagikan referensi Detail Segitiga Kuda-Kuda Baja Ringan DWG AutoCAD kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Gambar ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi gambar AutoCAD, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar gambar.

Pengertian Kuda Kuda Baja Ringan

Kuda-kuda baja ringan adalah struktur pembangun untuk membentuk dan menahan penutup atap menggunakan material yang berbahan ringan dan terbuat dari plat baja tipis yang mempunyai tingkat kekokohan yang tinggi biasanya di bentuk menjadi Canal C dan Reng.

Rangka Atap Baja Ringan Terdiri dari 2 jenis yaitu Profil Canal C dan Profil Reng. Profil Canal C adalah profil yang digunakan untuk rangka utama kuda kuda baja ringan, fungsinya hampir sama seperti kaso pada rangka atap kayu. Ketebalan umum yang banyak tersedia di pasaran adalah mulai dari 0,65mm 0,75mm dan 1mm. Yang banyak dipakai untuk rangka atap kuda kuda baja ringan rumah tinggal adalah ketebalan 0,75mm.

profil canal c
profil canal c

Profil Reng, kadang disebut profil B, namun orang-orang di lapangan biasa menyebutnya reng baja ringan. Fungsi reng bajaringan ini sama seperti reng pada rangka kayu. Yaitu untuk tempat bertumpu genteng atau penutup atap. Reng juga berfungsi untuk mengikat kuda kuda baja ringan.

profil reng
profil reng

Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan

Kelebihan Baja Ringan

Ringan, baja ringan yang memiliki sifat ringan merupakan sebuah keuntungan, dengan bobot yang ringan maka secara tidak langsung akan mengurangi beban struktur di bawahnya. Berkurangnya beban struktur tentunya akan jauh lebih aman dari segi struktur jika dibandingkan dengan kayu yang memiliki beban berat.

Anti rayap dan anti karat, ini adalah kelebihan utama baja ringan dibanding dengan kayu, baja ringan anti rayap. Anda tidak perlu khawatir rangka atap anda dimakan rayap. Rangka kayu rawan rayap, pada rumah tinggal rangka atap kayu pada usia sekitar 15 tahun biasanya sudah mulai keropos dimakan oleh rayap. Sehingga kita harus berpikir untuk mengganti rangka atapnya. Sedangkan rangka atap baja ringan tidak perlu karena sudah anti rayap dan anti karat. Masa pergantian screw 18 tahun tetapi atapnya tidak di ganti. Selama 18 tahun itu kalau ada screw yang rusak akan di ganti atau di tambahi screwnya.

Praktis dan cepat, baja ringan itu sangat praktis, untuk skala rumah tinggal rangka atap baja ringan bisa selesai hanya dalam waktu 2 sampai 5 hari tergantung volume. Pemasangan yang cepat ini membuat baja ringan jauh lebih efisien.

Kekurangan Baja Ringan

Rangka atap baja ringan perlu perhitungan yang teliti. Jika ada bagian yang memiliki salah perhitungan atau salam dalam proses pemasangannya, maka bagian-bagian atap yang lain akan terkena imbasnya. Oleh karena itu, rangka atap baja ringan perlu pengerjaan yang lebih teliti dibandingkan material lainnya. Pengerjaan rangka atap baja ringan perlu dibuat gambar kerjanya terlebih dahulu agar atap bisa dibangun dan berfungsi dengan baik.

Rangka atap baja ringan kurang indah dipandang apabila struktur atap tersebut diekspos. Tidak seperti rangka kayu yang bisa diekspos untuk tujuan estetika, rangka atap baja ringan tidak memiliki nilai keindahan apabila diekspos. Rangka atap baja ringan perlu ditutup dengan plafond untuk meningkatkan nilai estetika di dalam ruangan.

Download Detail Segitiga Kuda-Kuda Baja Ringan DWG AutoCAD

File yang saya bagikan kali ini menyajikan gambar detail segitiga kuda-kuda baja ringan yang lumayan lengkap. Gambar hanya terdiri dari detail saja. Tidak begitu lengkap karena gambar ini hanyalah untuk tujuan edukasi saja. Hanya sekedar untuk memberikan referensi pembelajaran ataupun acuan gambar kerja. Ini sangat bagus untuk pemula atau yang baru menekuni bidang arsitektur. Silahkan disesuaikan dengan gambar utamanya jika ingin membuat detail-detail lainnya, tentunya harus memahami dulu struktur kuda-kuda baja ringan.

Gambar detail kuda-kuda baja ringan File AutoCAD adalah merupakan salah satu contoh desain gambar yang ada pada umumnya diterapkan pada pekerjaan terkait pada masing-masing wilayah Indonesia.

Gambar ini sudah dalam format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2004, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.

Silahkan didownload Detail segitiga kuda-kuda baja ringan DWG AutoCAD dibawah ini:

Detail Segitiga Kuda-Kuda Baja Ringan DWG AutoCAD

Google Drive DOWNLOAD[2.80MB]
Mediafire DOWNLOAD[2.80MB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Detail Segitiga Kuda-Kuda Baja Ringan DWG AutoCAD, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini