Beranda Struktur Bangunan Download Detail Penguatan Balok DWG AutoCAD

Download Detail Penguatan Balok DWG AutoCAD

3717
0
BERBAGI
asdar.id menyediakan Member Premium Download untuk download file tanpa embel-embel iklan dan halaman, apa lagi harus menunggu timer yang begitu lama. Dengan berlangganan Member Premium Download, semua file dapat didownload dengan singkat langsung menuju ke sumbernya!, klik DISINI untuk DAFTAR :-) Untuk cara download file Member Free Download, bisa membaca Tutorial Download yang ada dibawah Timer (halaman Safelink) saat menekan tombol download.
Rekomendasi aplikasi hitung cepat RAB akurat dan otomatis, sangat mudah digunakan. Tinggal ganti dimensi, RAB Langsung Jadi. Jika anda seorang ahli sipil atau arsitek, rugi jika tidak punya filenya. Silahkan klik DISINI untuk mendapatkan Filenya.
detail penguatan balok
detail penguatan balok

Halo sobat arsitek dan sipil dimanapun berada, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Kali ini saya kembali lagi membagikan referensi Detail Penguatan Balok DWG AutoCAD kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Simak penjelasan singkat mengenai balok/beam dibawah ini.

Pengertian Beam/Balok

Balok adalah elemen struktural dalam rekayasa dan konstruksi yang umumnya memiliki bentuk panjang dengan penampang melintang yang lebih besar daripada dimensi tinggi atau lebar. Balok digunakan untuk mendukung beban vertikal dan membawa beban lateral, serta mentransfernya ke penopang atau fondasi di bawahnya. Balok sering digunakan dalam bangunan, jembatan, dan struktur lainnya untuk memberikan dukungan horizontal yang kuat. Bentuk dan dimensi balok dapat bervariasi tergantung pada desain dan persyaratan struktural.

Detail Penguatan Balok

Penguatan dalam balok melibatkan penentuan tata letak dan ukuran penguatan baja di dalam sebuah balok, untuk memberikan kekuatan dan daya tahan yang diperlukan agar mampu menahan beban dan mencegah terjadinya kegagalan struktur. Berikut adalah langkah-langkah umum yang terlibat dalam detail penguatan dalam balok:

  1. Tentukan beban dan kombinasi beban yang harus ditopang oleh balok, serta bentang balok.
  2. Tentukan ukuran dan bentuk penampang balok, berdasarkan beban dan persyaratan bentang. Bentuk umum balok meliputi persegi panjang, lingkaran, dan berbentuk I.
  3. Hitung jumlah penguatan baja yang dibutuhkan, berdasarkan beban desain dan kekuatan beton atau bahan lain yang digunakan untuk membangun balok. Penguatan biasanya berupa batang baja atau jala kawat.
  4. Tentukan jarak, diameter, dan posisi batang penguatan atau jala kawat, berdasarkan beban desain dan penampang balok. Ini dilakukan dengan menggunakan kode desain standar industri dan spesifikasi, seperti Kode American Concrete Institute (ACI) atau Eurocode.
  5. Spesifikasikan detail penguatan tambahan, seperti penempatan stirrup, kait, dan tikungan pada batang penguatan, untuk memastikan pengikatan yang tepat dan transfer beban antara penguatan dan beton.
  6. Gambar diagram atau rencana penguatan terperinci, yang menunjukkan tata letak dan penempatan penguatan yang tepat di dalam balok. Rencana ini digunakan oleh kontraktor untuk membangun balok sesuai dengan spesifikasi desain.
  7. Tinjau dan verifikasi rencana detail penguatan untuk memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan desain, dan lakukan penyesuaian atau revisi yang diperlukan.

Detail penguatan adalah aspek penting dari desain dan konstruksi balok, dan penting untuk mengikuti standar industri dan praktik terbaik untuk memastikan keselamatan dan daya tahan struktur.

Jenis-Jenis Balok

Balok dapat secara umum diklasifikasikan berdasarkan bentuk dan penopangnya. Oleh karena itu,

Jenis-jenis balok berdasarkan bentuk

Penampang balok dapat bervariasi dalam bentuk, seperti:

  1. Balok Persegi Panjang
  2. Balok Lingkaran
  3. Balok Berbentuk L (Balok L)
  4. Balok Berbentuk T

Jenis-jenis balok berdasarkan penopang

Dalam konstruksi, secara umum digunakan jenis-jenis balok dengan dukungan berikut:

  1. Balok Tertumpu Sederhana (Simply Supported Beam): Ini adalah jenis balok yang paling dasar, terdiri dari balok yang ditopang di kedua ujungnya oleh penopang sederhana. Beban diterapkan di tengah balok, dan penopang mencegahnya jatuh.
  2. Balok Tertumpu Kaku (Fixed Beam): Balok tertumpu kaku didukung di kedua ujungnya dan terhubung kaku atau secara tegas dengan penopangnya. Ini berarti balok dihambat dari rotasi di titik penopangnya dan tidak dapat berputar atau bengkok dengan bebas. Balok tertumpu kaku juga dikenal sebagai balok terpasang atau balok dengan ujung tetap.
  3. Balok Gantung (Cantilever Beam): Jenis balok ini ditopang di satu ujungnya dan menjorok keluar dari penopang, dengan ujung lainnya bebas. Balok gantung umumnya digunakan dalam struktur seperti balkon dan jembatan.
  4. Balok Membelok (Overhanging Beam): Balok membelok adalah jenis balok di mana satu atau kedua ujung balok melampaui penopangnya. Dengan kata lain, balok menjorok keluar dari penopangnya, menciptakan overhang. Jenis balok ini juga dikenal sebagai balok gantung.
  5. Balok Berkelanjutan (Continuous Beam): Balok berkelanjutan memiliki lebih dari dua penopang sepanjang panjangnya, dan beban didistribusikan di atas penopang-penopang tersebut. Jenis balok ini digunakan dalam struktur dengan rentang panjang, seperti jembatan dan bangunan.
penguatan balok
penguatan balok

Download Detail Penguatan Balok DWG AutoCAD

Berikut ini adalah rincian penguatan balok yang disediakan secara gratis dalam AutoCAD untuk latihan bagi mahasiswa teknik sipil dan teknik struktur. Gambar CAD ini telah menentukan ukuran penguatan atau besi tulangan, jumlahnya, dan jarak penutupan balok. Panjang balok telah dibagi menjadi zona geser dan zona lentur dengan referensi pada bagian-bagian mereka.

Gambar ini sudah dalam format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2004, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.

Silahkan didownload Detail Penguatan Balok DWG AutoCAD dibawah ini:

Detail Penguatan Balok DWG AutoCAD

Google Drive DOWNLOAD[504.99KB]
Mediafire DOWNLOAD[504.99KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Detail Penguatan Balok DWG AutoCAD, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini