Beranda Drainase Download RAB Drainase Lengkap Beserta Gambarnya

Download RAB Drainase Lengkap Beserta Gambarnya

3205
1
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
rab drainase beserta gambar
rab drainase beserta gambar

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Artikel kali ini saya akan membagikan RAB Drainase Lengkap Beserta Gambarnya kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

RAB ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi perhitungan anggaran biaya untuk drainase, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar menghitung anggaran biaya.

Pengertian Drainase

Menurut Wikipedia, drainase adalah pembuangan massa air secara alami atau buatan dari permukaan atau bawah permukaan dari suatu tempat. Pembuangan ini dapat dilakukan dengan mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air.

Menurut Dr. Ir. Suripin, M. Eng. (2004; 7), drainase mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Secara umum, drainase didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal.

Drainase juga diartikan sebagai suatu cara pembuangan kelebihan air yang tidak diinginkan pada suatu daerah, serta cara-cara penangggulangan akibat yang ditimbulkan oleh kelebihan air tersebut. Dari sudut pandang yang lain, drainase adalah salah satu unsur dari prasarana umum yang dibutuhkan masyarakat kota dalam rangka menuju kehidupan kota yang aman, nyaman, bersih, dan sehat.

Prasarana drainase di sini berfungsi untuk mengalirkan air permukaan ke badan air (sumber air permukaan dan bawah permukaan tanah) dan atau bangunan resapan. Selain itu juga berfungsi sebagai pengendali kebutuhan air permukaan dengan tindakan untuk memperbaiki daerah becek dan genangan air.

Fungsi Drainase

Pemahaman secara umum mengenai drainase perkotaan adalah suatu ilmu dari drainase yang mengkhususkan pengkajian pada kawasan perkotaan, yaitu merupakan suatu sistem pengeringan dan pengaliran air dari wilayah perkotaan yang meliputi pemukiman, kawasan industri dan perdagangan, sekolah, rumah sakit, lapangan olahraga, lapangan parkir, instalasi militer, instalasi listrik dan telekomunikasi, pelabuhan udara, pelabuhan laut, serta tempat-tempat lainnya yang merupakan bagian dari sarana kota yang berfungsi mengendalikan kelebihan air permukaan, sehingga menimbulkan dampak negatif dan dapat memberikan manfaat bagi kegiatan kehidupan manusia.

Fungsi drainase secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Meresapkan air permukaan untuk menjaga kelestarian air tanah (konservasi air).
  2. Mengendalikan kelebihan air permukaan yang dapat dimanfaatkan untuk persediaan air dan kehidupan akuatik.
  3. Mengeringkan bagian wilayah kota dari genangan sehingga tidak menimbulkan gangguan atau kerugian terhadap lingkungan.
  4. Mengalirkan air permukaan kebadan air penerima terdekat.
  5. Melindungi prasarana dan sarana perkotaan yang sudah terbangun.

Download RAB Drainase Lengkap Beserta Gambarnya

Kali ini saya ingin memberikan RAB Drainase Lengkap Beserta Gambarnya format excel. Anda tidak perlu takut jika tidak punya uang, file master rab ini saya bagikan secara cuma-cuma alias gratis. Semoga file ini bisa bermanfaat dan membantu rekan-rekan dalam menyelesaikan tugas maupun project.

Sebenarnya drainase ini masih termasuk dalam kategori drainase air kotor, karena gambar yang akan dijelaskan pada file kali ini merupakan parit sebagai aliran pembuangannya.

Dalam contoh RAB Drainase yang saya bagikan kali ini dilengkapi dengan:

  • Gambar atau Desain Drainase
  • Analisa Perhitungan Pekerjaan Drainase
  • Rencana Anggaran Biaya
  • Take Of Sheet Drainase

Silahkan didownload RAB Drainase Lengkap Beserta Gambarnya secara gratis dibawah ini:

Google Drive DOWNLOAD[77.17KB]
Mediafire DOWNLOAD[77.17KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai RAB Drainase Lengkap Beserta Gambarnya, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar menghitung anggaran biaya drainase suatu project atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini