Beranda Sipil Download RAB Pilkades Format Excel, Word, dan PDF

Download RAB Pilkades Format Excel, Word, dan PDF

975
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
contoh rab pilkades
contoh rab pilkades

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Artikel kali ini saya akan membagikan RAB Pilkades Format Excel, Word, dan PDF kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

RAB ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi perhitungan anggaran biaya untuk operasional desa, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar menghitung anggaran biaya.

Pengertian Pilkades

Pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat. Pemilu tingkat desa ini merupakan ajang kompetisi politik yang begitu mengena kalau dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat. Pada moment ini, masyarakat yang akan menentukan siapa pemimpin desanya selama 6 tahun ke depan.

Banyak bentuk pesta demokrasi yang telah digelar dalam kehidupan politik kita sekarang. Pilpres, Pilkada Gubernur, Pilkada Bupati dan Pemilu Legeslatif. Tak ketinggalan adalah Pilkades. Begitu menarik bagi saya untuk mengkaji lebih dalam tentang budaya pemilihan kepala desa ini.

Download RAB Pilkades Format Excel, Word, dan PDF

RAB Pilkades adalah rencana anggaran biaya yang merinci satuan harga untuk setiap jenis dan objek belanja pada kegiatan Pemilihan Kepala Desa atau disingkat Pilkades.

Kita tahu bersama, setelah Perdes tentang APBDes dan Perkades tentang Penjabaran APBDes ditetapkan, maka Kepala Desa menugaskan Kaur dan Kasi Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) sesuai tugasnya untuk menyusun DPA dalam waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak regulasi desa tersebut ditetapkan. (Lihat Pasal 45 ayat 1, Permendagri 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa).

Lalu, apakah program/rencana kerja panitia Pilkades itu termasuk RAB itu sendiri? Tidak, RAB Pilkades menguraikan secara rinci dan teknis tentang satuan harga pada setiap jenis dan objek belanja kegiatan Pilkades. Sedangkan program/rencana kerja Pilkades termasuk dalam dokumen Rencana Kerja Kegiatan Desa (RKKD), yang secara umum menjelaskan lokasi, volume, biaya, sasaran, waktu pelaksanaan kegiatan, pelaksana kegiatan anggaran, dan tim yang melaksanakan kegiatan Pilkades.

Untuk menentukan siapa PKA yang ditugaskan untuk menyusun rincian-rincian belanja pada RAB Pilkades, maka kita perlu sesuaikan dengan tugas dan fungsi-nya (tupoksi).

Secara umum, sesuai tupoksi-nya dalam SOTK Desa terbaru yang diatur dalam Permendagri 84 Tahun 2015, PKA untuk kegiatan ini adalah Kepala Seksi Pemerintahan, atau biasa disingkat Kasi Pemerintahan. Namun demikian PKA tersebut dapat dibantu oleh Tim Pengadaan Barang dan Jasa (TPBJ)/Tim Pengelola Kegiatan (TPK), atau biasa disebut Panitia Pilkades.

Untuk teman-teman yang membutuhkan contoh RAB Pilkades Format Excel, Word, dan PDF silahkan didownload secara gratis dibawah ini:

RAB Pilkades Format Excel

Google Drive DOWNLOAD[102.39KB]
Mediafire DOWNLOAD[102.39KB]

RAB Pilkades Format Word

Google Drive DOWNLOAD[160.93KB]
Mediafire DOWNLOAD[160.93KB]

RAB Pilkades Format PDF

Google Drive DOWNLOAD[706.79KB]
Mediafire DOWNLOAD[706.79KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan kali ini mengenai RAB Pilkades Format Excel, Word, dan PDF, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi mengerjakan proyek anggaran biaya desa atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini