Beranda Sipil Fungsi Batu Kerikil Pada Rel Kereta Api

Fungsi Batu Kerikil Pada Rel Kereta Api

807
0
BERBAGI
kerikil pada rel kereta api
kerikil pada rel kereta api

Halo rekan-rekan sekalian, kita bertemu lagi pada artikel kali ini. Nah, pertemuan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel mengenai fungsi batu kerikil pada rel kereta api. Apa sajakah fungsinya? Mari simak penjelasan dibawah ini.

Mungkin bagi kita yang pernah atau menggunakan kereta api, kita sering memperhatikan batu kerikil yang ada di rel kereta tersebut. Tapi mungkin masih ada sebagian dari kita yang masih belum mengetahui apa sebenarnya fungsi dari kerikil-kerikil ini. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas mengenai apa fungsi batu kerikil pada rel kereta api.

Batu kerikil di rel kereta umumnya disebar di jalur bagian bawah, tengah, kiri dan kanan rel kereta, ternyata fungsi dari baru kerikil atau yang juga disebut sebagai “ballast” yang mempunyai fungsi yang sangat besar.

Ballast merupakan bagian dari badan jalan kereta api tempat untuk meletakkan bantalan rel. Pada pembangunan rel kereta api harus disediakan lahan kosong yang telah ditinggikan dari muka air. Lalu dipadatkan menjadi tanah pondasi rel kereta tersebut dan di atas pondasi tersebut yang akan diletakkan batu kerikil secara merata. Selanjutnya akan diletakkan bantalan rel dan diberi lagi kerikil sekitar balok bantalan rel agar tidak bergeser, meskipun masih dapat bergerak.

Fungsi Batu Kerikil Pada Rel Kereta Api

Fungsi batu kerikil pada rel kereta antara lain:

1. Untuk menstabilkan dan meredam getaran pada rel kereta.

Batu kerikil diletakkan di bawah bantalan dan ditambahkan lagi di sekitar balok membuat balok tidak bisa bergeser tapi tetap bisa bergerak. Hal ini dapat membuat bantalan menjadi lentur sehingga dapat meredam getaran yang cukup besar saat rel dilalui kereta yang besar dan berkecepatan tinggi sehingga tidak mudah mengalami kerusakan.

2. Mencegah tumbuhnya tanaman liar seperti rumput.

Batu kerikil akan mencegah tumbuhnya rumput karena dapat mencegah sinar matahari masuk ke dalam tanah sehingga tanaman akan sulit tumbuh karena memerlukan sinar matahari. Dan jikalau tanaman tumbuh di bawah tanah, maka sulit hidup karena akan mendapat tekanan oleh batu kerikil di atasnya. Tanaman rumput harus dicegah karena akan menyebabkan tanah menjadi gembur dan akan mudah terjadi erosi.

3. Menahan dan memperlancar aliran air saat hujan.

Batu kerikil dapat menahan dan memperlancar aliran air di saat hujan. Sehingga dapat mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar rel kereta api. Dimana bila hal ini terjadi maka dapat menyebabkan kecelakaan serius bagi kereta yang melintas seperti kereta anjlok dan yang lain sebagainya.

Sekian pembahasan kali ini mengenai fungsi batu kerikil pada rel kereta api, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa selalu budayakan share agar yang lain bisa membacanya juga. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Please enter your name here