Beranda Arsitek Jenis Kayu dan Karakteristiknya di Indonesia yang Paling Bagus

Jenis Kayu dan Karakteristiknya di Indonesia yang Paling Bagus

BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
jenis kayu yang bagus di indonesia
jenis kayu yang bagus di indonesia

Apasih bahan material alam yang sudah dipakai sejak zaman dahulu? Mungkin salah satu jawabannya adalah kayu. Kayu memang telah banyak dipakai buat kebutuhan manusia, maka dari itu penting sekali adanya. Tapi tahukah Anda apa saja jenis kayu yang paling banyak digunakan saat ini?

Saya akan memperkenalkan satu per satu apa saja jenis kayu tersebut. Tentunya jenis kayu ini bukan hanya yang digunakan untuk bahan material bangunan saja, akan tetapi ada yang buat konsumsi sampai dengan obat. Lalu apa sajakah jenis kayu tersebut?

Mengenal Kayu

Kita akan terlebih dahulu berkenalan dengan material kayu. Kayu merupakan suatu material alam yang banyak digunakan buat konstruksi sebuah bangunan. Jenis kayu pun saat ini ada banyak sekali dan pada setiap jenisnya punya karakteristik serat, kadar air, keawetan, keindahan dan tingkat kekuatan yang berbeda.

Maka dari itulah kita wajib sekali untuk mengetahui bagaimana karakteristik sebuah jenis kayu sebelum membelinya. Kalau kita salah dalam mengerti karakteristik sebuah kayu, maka penggunaannya nanti tidak akan efektif. Kalau Anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai karakteristik kayu maka saya akan bantu.

Kalau kita berbicara lagi mengenai kayu, mungkin ada sedikit kekhawatiran sebagian orang mengenai eksistensinya di alam. Kita bisa mengambil contoh di beberapa daerah Indonesia seperti Kalimantan, Sulawesi, Papua, Jawa, Sumatera, Nusa Tenggara dan sebagainya yang telah lama dieksploitas keberadaan kayunya.

Hal ini tentu saja bisa berakihat harga kayu jadi mahal di Indonesia Apalagi kalau kayu itu merupakan jenis kayu langka yang paling bagus terbaik dan terkuat. Umumnya kayu langka seperti ini memang akan diburu, bahkan sampai keluar negeri, dan harganya bisa jadi termahal kalau di ekspor ke Eropa atau Amerika.

Balik lagi ke jenis kayu, maka kita akan melihat adanya perbedaan jenis kayu kelas 1, kayu kelas 2, kelas 3, kelas 4 dan kelas 5. Dalam kelima kelas ini akan dibedakan lagi menjadi tingakt kelas berbeda, antara lain adalah perbedaan kelas dengan tingkat keawetan, tingkat kekuatan sampai dengan tingkat pemakaiannya.

Perbedaan kelas inilah juga yang akan membedakan karakteristik seperti tingkat keras, tahan air, anti rayap, ringan, olahan, lunak, solid, lentur, empuk dll dalam suatu jenisnya.

Nantinya kalau memilih kayu, juga harus melihat apakah kayu itu warna merah, hitam, putih, ungu atau warna lain. Setiap warna juga punya karakteristik berbeda. Sebelum kita mengetahui apa saja jenis kayu, ada baiknya kita mengetahui manfaat kayu untuk kehidupan manusia terlebih dahulu.

Manfaat Kayu

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kayu untuk kehidupan manusia:

  • Kontruksi Bangunan. Sangat umum kita melihat kayu digunakan untuk lantai rumah, plafon, pintu, bangunan, papan, hiasan, dinding,  lantai 2, dan sebagainya.
  • Bahan Bakar. Tentu saja kita tahu kalau kayu bisa digunakan untuk kayu bakar. Bahkan kalau kayu lama atau fosil bisa digunakan sebagai bahan energi.
  • Kesehatan. Kita tahu ada beberapa kayu yang bisa digunakan sebagai obat kanker. Bahkan ada jenis kayu bertuah yang bagus buat kesehatan.
  • Peralatan Rumah Tangga. kayu bisa digunakan untuk membuat furniture, buat box speaker, untuk aquascape, lemari, mebel, tasbih, pipa rokok, gitar, cincin, gagang golok, huruf kayu dan berbagai peralatan lainnya.
  • Olahraga. Ada berbagai alat olahraga seperti pemukul bola, tongkat hockey dan sebagainya.
  • Seni. Kayu memang terkenal bisa digunakan buat seni bahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Selain itu seni untuk kerajinan eksterior seperti ukiran juga bisa. Nantinya akan memakai kayu yang digunakan untuk ukiran dibagi menjadi dua yaitu lunak dan keras.

Jenis Kayu Paling Terkenal dan Karakteristiknya

Kita telah mengetahui tentang kayu dan manfaatnya buat kehidupan kita. Selanjutnya saya akan memperkenalkan mengenai berbagai jenis kayu paling terkenal yang banyak digunakan seperti berikut ini :

  • Kayu Gaharu

jenis kayu gaharu
kayu gaharu

Jenis kayu gaharu merupakan suatu jenis kayu yang punya banyak warna dan bentuk. Pohon ini masuk kedalam jajaran pohon paling mahal di dunia. Hal ini karena manfaat luar biasa untuk kesehatan. Jenis yang sering ditemui adalah gaharu buaya, gaharu super dan gaharu zebra.

  • Kayu Jati

Kayu Jati
Kayu Jati

Kayu jati merupakan kayu yang sangat terkenal. Kayu ini punya karakteristik warna coklat dengan jarak yang jarang, Kayu ini merupakan jenis kayu olahan yang dapat ditemukan di pulau jawa dengan mudah. Khususnya saat ini jenis kayu ini banyak dihasilkan di jawa tengah dan hasil produksinya masih cukup melimpah.

Jenis kayu jati memiliki tingkat kekerasan yang bagus, maka dari itu banyak yang suka. Bukan hanya untuk kontruksi saja, tapi ada juga yang memakainya sebagai jenis kayu aquascape.

Jika sedang membangun rumah, kontruksi bangunan untuk atap rumah sangat cocok sekali memakai jenis kayu Jati ini, karena sangat kuat dan tahan lama.

  • Kayu Meranti

Jenis kayu meranti merupakan kayu yang berasal dari Kalimantan. Umumnya digunakan sebagai material pembuatan furniture, panel atau kusen. kayu yang dapat tumbuh mencapai 70 meter ini sering juga dipakai untuk membuat kertas.

  • Kayu Manis

Kayu manis diperoleh dari pohon kayu manis yang merupakan penghasil rempah. Kayu manis sendiri seperti kita ketahui banyak digunakan sebagai bahan makanan karena ciri khas rasa yang pedas, manis tapi beraroma.

  • Kayu Cendana

Kayu cendana marak ditemukan di Indonesia, pohonnya bisa mencapai ketinggian 15 meter dengan diamater 30 cm. Karena baunya yang wangi, maka sering dipakai untuk membuat dupa dan kerajinan.

  • Kayu Sonokeling

Kayu Sonokeling
Kayu Sonokeling

Kayu Sonokeling sering disebut sebagai Rosewood-nya Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari corak dan warnanya yang indah. Jenis kayu ini sering ditemui di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

  • Kayu Jati Belanda

Kayu Jati Belanda
Kayu Jati Belanda

Kayu jati belanda sebenarnya merupakan jenis kayu pinus. Disebut jati belanda karena zaman dulu waktu beli kayu pinus import, memakai pembungkus kayu palet. Jadi karena dikiran dari luar negeri maka disebut seperti itu. Harga kayu jati belanda ini cukup bervariasi ya dipasaran.

  • Kayu Merbau

Kayu Merbau
Kayu Merbau

Selanjutnya ada kayu Merbau. Kayu satu ini banyak ditemukan di wilayah Maluku dan Papua. Karakteristiknya punya warna coklat abu gelap atau merah coklat gelap dengan serat lurus. Kayu ini juga termasuk kuat, jadi bisa digunakan sebagai jenis kayu untuk rangka plafon.

  • Kayu Kamper

Kayu Kamper
Kayu Kamper

Kamper merupakan kayu yang memiliki karakeristik kuat. Jadinya kayu yang berasal dari Kalimantan ini banyak disukai. Untuk jenis kayu kamper yang terbaik, dipercaya asalnya dari Samarinda.

  • Kayu Sengon

Kayu sengon adalah jenis kayu mahal yang bisa ditemukan di wilayah Asia Tenggara, India sampai daerah Cina Selatan.

  • Kayu Mahoni

Kayu mahoni merupakan kayu apa saja yang bisa digunakan untuk berkarya seni patung. Selain itu jenis kayu di bawah ini yang sangat diminati orang untuk dibuat mebel adalah mahoni.

  • Kayu Bengkirai

Kayu kalimantan ini juga bisa ditemukan diwilayah Malaysia dan Filipina. Umumnya kayu yang pohonnya bisa tumbuh sampai ukuran tinggi 40 meter dengan diamater 120 cm ini digunakan buat furniture outdoor.

  • Kayu Akasia

Kayu Akasia
Kayu Akasia

Kayu akasia merupakan salah satu jenis kayu yang sedang booming, terutama dikalangan pegiat bisnis furniture atau mebel. Selain itu sering juga digunakan sebagai bahan material lantai dan decking.

  • Kayu Trembesi

Kayu Trembesi
Kayu Trembesi

Terakhir ada kayu olahan yang dapat ditemukan di pulau sumatera yaitu kayu trembesi. Kayu pernah diminati oleh perusahaan rokok karena dapat menyerak Co2 dengan baik. Kayu ini juga bisa dipakai buat kerajinan atau mebel.

Selain itu ada juga beberapa jenis kayu lainnya seperti kayu garu, olympic, trembesi, nagasari, jabon, secang, reng, jati, bajakah, candu, cempaka, cengal, cerucuk, conco, mdf, triplek, wangi gitar, hitam, putih, pinus, stigi, tongkat nabi musa, siwak, amara, hpl, plywood, sono eboni, kapal nabi nuh, albasia, sungkai. balsa, gelam, gofir, haspel, nadera, nangka, naga, nato, nantu, nyatoh, oak, ramin, ramasala, renga, rotan, waru dan masih banyak lagi yang lainnya..

Saking banyaknya jenis kayu, memang memaksa saya tidak bisa menjelaskannya satu persatu. Semoga informasi ini bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini