Beranda Sipil Cara Membuat Huruf Terbilang Secara Otomatis di Excel

Cara Membuat Huruf Terbilang Secara Otomatis di Excel

1292
0
BERBAGI
Bagi yang berminat guest post, blog ini menyediakan form guest post untuk kalian yang ingin blognya mendapat kunjungan dari blog ini. Silahkan kunjungi melalui link guest post.
membuat huruf terbilang otomatis
membuat huruf terbilang otomatis

Halo teman-teman sekalian, apa kabar kalian hari ini? Tentu sehat selalu bukan? Pada artikel kali ini saya akan mencoba membagikan cara membuat huruf terbilang secara otomatis di excel. Pasti penasaran ingin tau bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan artikel dibawah ini.

Pernahkah anda menuliskan huruf terbilang di microsoft excel tapi bingung caranya agar fungsinya bisa otomatis? Atau ingin membuat angka menjadi huruf secara otomatis di excel? Tentu hal ini sangat berguna sekali khususnya bagi anda yang bekerja di bidang keuangan seperti bendahara atau divisi keuangan. Ada kalanya rumus ini digunakan untuk membuat kuitansi, nota dan laporan keuangan.

Huruf terbilang adalah nominal yang menuliskan jumlah akhir pada suatu nilai yang tercantum dalam kertas, misalnya 150.000 menjadi seratus lima puluh ribu. Huruf Terbilang ini juga banyak dijumpai pada laporan-laporan keuangan, misalnya laporan RAB pada suatu proyek.

Berbeda dengan kebanyakan fungsi Excel yang sudah tersedia dalam paket standar, rumus Terbilang termasuk metode yang unik. Sebab, anda hanya tinggal merubah angkanya saja, maka secara otomatis akan menuliskan hurufnya dalam bentuk kalimat. Pada artikel ini saya sudah disediakan file yang didalamnya terdapat rumus untuk membuat huruf terbilang secara otomatis.

Cara Membuat Huruf Terbilang Secara Otomatis di Excel

File yang saya bagikan ini sudah terlink antara rumus dan angka terbilangnya, sehingga akan secara otomatis menuliskan huruf terbilangnya. Anda hanya perlu merubah angka pada item pekerjaan apa saja, maka huruf pada terbilang akan berubah. Untuk lebih paham, silahkan lihat gambar dibawah ini.

rumus terbilang
rumus terbilang

Dibawah ini sudah saya sertakan link file untuk membuat huruf terbilang secara otomatis di excel, silahkan didownload secara gratis. File ini sangat bermanfaat sekali dalam mengefisienkan waktu khususnya teman-teman yang bekerja dalam membuat laporan RAB. Selamat mendownload!

Catatan: Untuk merubah Huruf awal Terbilangnya menjadi huruf besar, gunakan fungsi =PROPER(A131) pada baris terbilangnya. Untuk merubah ke huruf kapital semua, gunakan fungsi =UPPER(A131). Anda juga dapat mencopy rumus pada file excel yang saya bagikan dan paste ke dalam laporan yang telah anda buat kemudian tinggal me-link rumus ke nilai akhirnya saja.

File Terbilang Otomatis Format Excel

Google Drive DOWNLOAD[389.75KB]
Mediafire DOWNLOAD[389.75KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Sekian postingan kali ini mengenai Cara Membuat Huruf Terbilang Secara Otomatis di Excel, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman dalam membuat laporan. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini