Beranda Teknologi Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya

221
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
komputer Lemot
komputer Lemot

Asdar.id – Perkembangan teknologi di era digital ini sudah tidak diragukan lagi. Teknologi pun berkembang pesat demi memenuhi kebutuhan atau membantu manusia dalam suatu pekerjaan. Seperti contohnya teknologi elektronik komputer. Komputer diciptakan mulai tahun 1946 oleh Charles Babbage dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen dasar pembuatannya.

Komputer awalnya berukuran besar, tetapi semakin dikembangkan dan agar dapat memudahkan pengguna dalam membawa dan menggunakan maka komputer diubah menjadi ukuran yang lebih kecil. Ada juga komputer yang didesain agar fleksibel untuk dibawa dengan bernama Laptop. Laptop ini memiliki kinerja yang sama dengan komputer, namun masih memiliki kekurangan. Sama halnya dengan komputer, komputer juga pastinya memiliki kelebihan serta kekurangan dalam pemakaiannya, dalam perangkat kerasnya, dan dalam perangkat lunaknya.

Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya

Terkadang komputer memiliki kondisi atau keadaan yang bermasalah saat memakainya. Salah satunya komputer menjadi lemot. Banyak sekali penyebabnya. Apa saja itu? Mari simak penjelasan di bawah ini:

  1. Kurangnya memori pada komputer kita bisa menjadi komputer kita lemot atau menjadi lambat. Ada baiknya saat menggunakan komputer kita pastikan aplikasi yang dipakai disesuaikan dengan kapasitas memori kita agar memori kita tidak benar-benar penuh.
  2. Komputer terlalu banyak memiliki program pengamanan komputer seperti antivirus, anti malware, anti spyware, dan sebagainya.
  3. Adanya virus atau malware di dalam komputer kita juga dapat menjadi penyebab fungsi komputer kita menjadi lebih lambat atau lemot. Virus dapat memakan resource atau daya pada komputer sangat banyak.
  4. Komputer dapat berjalan lambat karena disebabkan banyaknya startup program. Startup program adalah program-program yang berjalan otomatis pada setiap komputer. Terkadang program antivirus menjalankan sendiri programnya saat startup.
  5. Masalah berikutnya yang menjadi penyebab komputer menjadi lemot adalah karena temporary file yang membengkak. Temporary file merupakan file sementara setiap pengguna membuka dan melakukan tugas dengan sebuah aplikasi.
  6. Hardisk pada komputer juga dapat menjadi salah satu penyebab komputer menjadi lebih lambat. Diantaranya adalah hardisk yang low space (penyimpanan yang hampir penuh), hardisk yang terfragmentasi, hardisk yang error atau terkena bad sector, serta hardisk yang sudah lama sehingga rpm menurun.

Setelah memahami apa saja permasalahan atau penyebab komputer kita menjadi lambat atau lemot, kita harus memahami juga bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Apa saja cara mengatasinya?

Berikut cara mengatasi komputer yang lemot agar menjadi pulih kembali.

  1. Gunakan aplikasi atau software antivirus terbaik. Karena menggunakan banyak antivirus bukan sebuah jaminan keamanan untuk komputer. Usahakan gunakan antivirus yang baik secara mengatasi virus pada komputer dan baik tidak menghabiskan resource.
  2. Menggunakan cooler master terbaik dapat mengatasi terjadinya over heat pada komputer. Pastikan menggunakan cooler master yang baik. Kita dapat menambahkan kipas tambahan pada bagian casing kita supaya komputer tidak mudah panas.
  3. Coba lalukan defragmenter pada hardisk yang ada di komputer. Deframentasi secara berkala pada hardisk kita dapat membuat susunan data dalam hardisk menjadi lebih tertata. Jika ruang penyimpanan hardisk kita telah mulai penuh, disarankan untuk mengupgrade hardisk ke yang lebih besar.
  4. Untuk mengatasi komputer yang lambat kita bisa menonaktifkan startup program dan servis yang berjalan otomatis pada komputer. Caranya adalah masuklah ke menu “System Configuration Utility” dengan cara mengetik “msconfig” pada menu run. Kemudian pada tab service and startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Penyebab dari adanya komputer kita menjadi lemot seharusnya harus kita sadari sebelum komputer kita menjadi lebih terbebani. Dan untuk mengatasinya kita perlu mempelajari dan memahamo betul apa yang harus dilakukan. Bila kita ragu untuk memperbaiki atau membenarkannya kita bisa meminta bantuan pada orang yang sudah ahli dalam bidang ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini