Beranda Tips Rumah Pintar Berfikir Sebelum Membeli Rumah

Pintar Berfikir Sebelum Membeli Rumah

61
0
BERBAGI
Bagi yang berminat guest post, blog ini menyediakan form guest post untuk kalian yang ingin blognya mendapat kunjungan dari blog ini. Silahkan kunjungi melalui link guest post.
tips membeli rumah
tips membeli rumah

Pintar Berfikir Sebelum Membeli Rumah – Harga property yang naik setiap saat tanpa di imbangi dengan kenaikan gaji yang signifikan, membuat banyak generasi milenial  cukup ‘kerepotan’ dalam memiliki hunian.

Meskipun kini banyak program kepemilikan rumah dengan DP ringan, ada baiknya seorang pemula mempertimbangkan berbagai hal, antara lain:

  • Lokasi
  • Cicilan
  • Biaya Lain (KPR, AJB, Maintenance)
  • Fasilitas Pendukung

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran untuk kalian yang ingin membeli rumah agar tidak salah pilih. Yuk disimak selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Lokasi

Dalam membeli sebuah rumah, tentunya menentukan lokasi merupakan faktor utama, banyak iklan yang meyebutkan bahwa rumah murah di pinggir Jakarta.

Biasanya disini sering pembeli merasa ‘tertipu’, alih-alih lokasi nya yang berada di pinggir Jakarta dengan harga yang terjangkau, nyatanya rumah yang di tawarkan berada di lokasi yang sangat jauh.

Sebagai contoh, Iklan rumah murah di tangerang pinggir Jakarta menawarkan harga 300 jutaan (komplek perumahan), seharusnya kalian mencari informasi terlebih dahulu, harga rumah di kota tangerang berapa.

Secara logika rumah yang berada di pinggir Jakarta berarti masih di antara Jakarta dan tangerang, Betul?  tapi coba deh kalian piker kembali, rumah yang berada di tangerang saja sudah (misal) 700 juta, masa iya di lokasi yang strategis (perbatasan Jakarta dan tangerang) masih ada rumah harga 300jutaan?

Kalau di pinggir tangerang  (kabupaten) memang masih banyak komplek perumahan dengan harga mulai 250Jutaan, itu pun berbatesan dengan kabupaten daerah lain.

Cicilan

Biasanya yang ingin mengajukan kredit rumah pasti melihat besaran cicilan perbulan, dan menganggap bahwa  besaran cicilan sudah sesuai dengan gaji yang kita dapatkan tiap bulannya, betul?

Logika nya seperti ini, Kalian melihat cicilan rumah perbulannya  2 juta an, gaji kalian anggap saja 5 juta dan kalian merasa itu sudah cukup, betul? jika seperti itu, jangan terlalu berharap untuk segera memiliki rumah, Kenapa? Pihak pemberi kredit dalam hal ini bank, akan memperhitungkan besaran cicilan harus sepertiga besaran gaji.

Biaya Lain

Selain besaran uang muka dan cicilan rumah yang harus dibayarkan setiap bulannya, kalian juga harus mepertimbangkan biaya lain, seperti biaya kpr, biaya AJB, biaya maintenance (Listrik, Air, Kebersihan, Keamanan) yang harus dibayarkan. Memang untuk biaya AJB sekitar kurang lebih 2 tahun setelah serah terima  rumah, namun besaran biayanya harus mulai kalian tabung setiap bulan.

Fasilitas Pendukung

Sebelum membeli rumah, harap diperhatikan fasilas pendukung nya, seperti transportasi, rumah sakit, sekolah dan lain sebagainya, karena kita akan tinggal disana dalam sisa umur kita, jangan sampai salah pilih.

Itulah beberapa faktor penting yang bisa kalian pertimbangkan sebelum membeli sebuah rumah, jika kalian ingin mendapatkan informasi lainnya, kalian bisa mengunjungi mazmur.id

Penulis: mazmur.id

Catatan: Artikel ini merupakan hasil tulisan original penulis blog yang dibuat langsung pada halaman guest post. Jika mengandung beberapa kesamaan dalam hal materi copyright, mohon untuk segera melaporkannya. Saya akan segera memproses permohonan pemilik materi segera dalam 2×24 jam, terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini