Beranda Kesehatan 10 Buah Ini Baik Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

10 Buah Ini Baik Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

2015
0
BERBAGI
asdar.id menyediakan Member Premium Download untuk download file tanpa embel-embel iklan dan halaman, apa lagi harus menunggu timer yang begitu lama. Dengan berlangganan Member Premium Download, semua file dapat didownload dengan singkat langsung menuju ke sumbernya!, klik DISINI untuk DAFTAR :-) Untuk cara download file Member Free Download, bisa membaca Tutorial Download yang ada dibawah Timer (halaman Safelink) saat menekan tombol download.
Rekomendasi aplikasi hitung cepat RAB akurat dan otomatis, sangat mudah digunakan. Tinggal ganti dimensi, RAB Langsung Jadi. Jika anda seorang ahli sipil atau arsitek, rugi jika tidak punya filenya. Silahkan klik DISINI untuk mendapatkan Filenya.
Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Hobi memakan buah-buahan ada kabar baik untuk anda, selain enak ternyata ada beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk menjaga kesehatan mulut. Anda penasaran? Silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Ada beberapa jenis masalah kesehatan yang dapat terjadi disekitar mulut, secara umum yang paling sering di alami adalah sakit gigi, sariawan dan bau mulut. Semua masalah tersebut dapat terjadi jika anda kurang pandai dalam merawat dan menjaga kebersihan area mulut. Untuk menjaga mulut agar tetap sehat, sebaiknya anda mulai membiasakan diri untuk melakukan kebiasaan yang baik seperti:

  1. Rutin menggosok gigi,
  2. Tidak minum alcohol,
  3. Tidak merokok, dan
  4. Mengurangi makanan yang memiliki bau menyengat.

Selain dengan cara-cara yang telah disebutkan diatas, anda juga dapat menjaga kesehatan dimulut dengan cara yang lebih enak dan menyenangkan. Kesehatan mulut juga dapat dijaga dengan cara rutin mengkonsumsi jenis buah-buahan tertentu. Buah yang baik untuk kesehatan mulut antara lain:

Buah yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

1. Apel

buah apel

Apel merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan serat dan memiliki kandungan air yang tinggi sehingga pada beberapa kasus, apel juga biasa digunakan untuk mengatasi dehidrasi. Saat anda mengunyah buah ini secara otomatis air ludah akan terproduksi, air ludah tersebut akan berfungsi untuk membersihkan sisa makanan dan bakteri yang ada disekitar mulut.

Inilah alasan mengapa apel dipercaya dapat memutihkan gigi. Serat yang terkandung dalam bau apel juga dapat menstimulasi peredaran darah dalam gusi, tentu saja hal ini juga akan berdampak baik kesehatan gigi. Maka tak heran jika apel masuk kedalam kategori buah yang dapat menjaga kesehatan mulut.

2. Jeruk

buah jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C yang mana dapat meningkatkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Selain itu, jeruk juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat mencegah penyakit periodontal jaringan penyangga gigi.

3. Kiwi

buah kiwi

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, buah ini dapat mengurangi peradangan yang terjadi di area mulut dan tenggorokan, sehingga rutin mengkonsumsi buah ini dapat menurunkan resiko terkena sariawan.

4. Strawberry

buah strawberry

Buah ini biasa tumbuh didaerah dataran tinggi dengan suhu yang dingin. Selain biasa dikonsumsi secara langsung, buah ini juga dapat diolah menjadi berbagai makanan atau minuman. Buah strawberry merupakan salah satu jenis buah terpopuler didunia Karena buah ini memiliki warna merah yang menawan dengan rasa asam yang khas. Buah ini kaya akan vitamin C yang mana dapat mencegah dan mengobati sariawan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Cranberry

buah cranberry

Kandungan polipenol dalam teh bermanfaat untuk mengatasi penumpukan plak pada gigi. Begitu pula dengan buah cranberry, yang mana buah ini juga mengandung senyawa tersebut. Rutin mengkonsumsi buah ini dapat membantu anda untuk mengurangi bahkan menghilangkan plak pada gigi.

loading...

6. Pir

buah pir

Buah pir kaya akan vitamin C dan memiliki kandungan air yang tinggi. Selain itu, buah ini dapat menetralisir zat asam yang dihasilkan oleh bakteri sehingga tak heran jika dengan rutin mengkonsumsi buah ini mulut kita akan semakin sehat.

7. Raisin

buah raisin

Merupakan buah yang kaya akan anti-oksidan, selain itu juga menjadi sumber pitoemital seperti oleanol yang bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab karies pada gigi.

8. Anggur

buah anggur

Buah anggur memiliki kandungan antocinanin yang cukup tinggi. Senyawa ini sangat berperan dalam menghambat pembentukan plak pada gigi dan melawan sel kanker pada mulut. Selain itu, kandungan polipenol didalamnya juga dapat menghambat proses pertumbuhan bakteri penyebab plak, mencegah penyakit riodontal, mengatasi bau mulut, dan karies pada gigi.

9. Lemon

buah lemon

Buah asam yang biasa digunakan sebagai bumbu pada masakan ini ternyata juga efektif untuk mengatasi masalah kesehatan disekitar mulut seperti memutihkan gigi yang kuning.

10. Pinang

buah pinang

Biji buah pinang bermanfaat untuk merawat gigi kita. Biji buah pinang diyakini masyarakat dulu dapat membantu untuk memutihkan gigi. Caranya yaitu dengan membakar biji buah pinang sehingga hangus lalu dihaluskan hingga lembut, lalu gosokkan biji buah pinang yang telah halus tersebut ke gigi kita dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun, lakukan 2 minggu sekali dan tunggu hasilnya. Selain dapat memutihkan gigi, biji pinang juga dapat memperkuat gigi.

Itulah beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk kesehatan mulut, semoga dapat bermanfaat untuk untuk anda. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini