Beranda Tips Rumah Tips Cara Memasang Lantai Keramik

Tips Cara Memasang Lantai Keramik

1303
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
pemasangan lantai keramik

Didalam proses tahapan memasang lantai keramik, ada beberapa hal yang perlu kita diperhatikan sebelum pemasangan dilakukan agar kualitas pemasangan menjadi baik yaitu diantaranya:

  1. Bersihkan area yang akan dipasang keramik dari tumpukan material atau barang-barang lainnya.
  2. Cari dan temukan lokasi didalam ruangan untuk digunakan sebagai patokan awal pemasangan keramik.
  3. Keramik direndam didalam air terlebih dahulu beberapa saat sebelum dipasang.
  4. Tentukan besaran nat atau jarak antara keramik (kisaran 3 mm s/d 6 mm).
  5. Mulailah memasang keramik satu baris kearah memanjang dari setiap ruangan.
  6. Lakukan pengecekan ulang ukuran disetiap ruangan terhadap pemasangan keramik.
  7. Pada saat pemasangan permukaan lantai, rabat beton benar-benar bersih dari kotoran dan minyak.
  8. Siram dengan air permukaan lantai rabat beton yang akan dipasang keramik.
  9. Bagian bawah keramik diberi semen yang sudah dicampuri air sedikit, hal ini akan membuat daya rekat keramik keadukan benar-benar lengket.
  10. Pada saat pemasangan keramik harus benar-benar padat (adukan semen merata), sehingga tidak terjadi adanya rongga diantara keramik dan adukan semen yang akan mengakibatkan keramik mudah lepas.
  11. Lakukan pengecekan terhadap ketinggian atau level permukaan beberapa keramik yang sudah terpasang apakah sudah terpasang dengan rata (water pas).
  12. Hindari keramik yang sudah terpasang terinjak orang atau pekerja selama 2-3 hari, karena keramik yang baru terpasang belum kuat menerima beban.
  13. Setelah lantai keramik terpasang beberapa meter persegi lakukan pengecekan ulang, kalau menemukan keramik yang berongga (kopong) segera dilakukan perbaikan.
  14. Pekerjaan pengisian nat keramik sebaiknya dilakukan setelah 5-7 hari dari setelah pemasangan, agar udara gas akibat reaksi campuran semen dan air sudah tidak terjadi.

Sumber referensi: hematbangunrumah.wordpress.com

Semoga tips singkat ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa mendapatkan manfaatnya. Jangan lupa berlangganan di fanspage blog ini di facebook agar tidak ketinggalan perbaruan konten blog ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini