Beranda Tips Rumah 10 Langkah Mudah Ciptakan Rumah yang Sehat dan Nyaman

10 Langkah Mudah Ciptakan Rumah yang Sehat dan Nyaman

126
2
BERBAGI
rumah yang sehat dan nyaman
rumah yang sehat dan nyaman

Rumah merupakan cerminan perilaku penghuninya. Rumah adalah tempat hunian yang bisa membuat mu nyaman didalamnya, sebenarnya hunian bukan hanya terkait pada bentuk tempat tinggal, sarana elegan, atau dekorasi yang menawan. Tempat tinggal juga akan merasa nyaman bila kamu memperdulikannya semaksimal mungkin dengan mencurahkan perhatian tiap sudut pada rumah hunian anda.

Memastikan tempat tinggal selalu dalam keadaan bersih dan nyaman sangatlah penting bagi kelangsungan kehidupan keluarga yang sehat. Tak peduli kecil ataupun besar, kebersihan merupakan kunci utama terciptanya rumah yang nyaman untuk ditinggali. Tak hanya sebagai pelindung dari pengaruh luar seperti angin, hujan dan kotoran, rumah adalah fasilitas sosial utama dalam suatu rumah tangga.

Lalu apa saja kebiasaan sehat yang perlu diterapkan agar seluruh anggota keluarga makin nyaman berinteraksi dan beraktifitas di dalamnya?

10 Langkah Mudah Ciptakan Rumah yang Sehat dan Nyaman

Berikut ini beberapa tips agar hunian tempat tinggal anda senantiasa bersih dan sehat:

Membuka Jendela Tiap Pagi

Bukalah jendela setiap pagi. Jendela berfungsi sebagai pintu masuknya cahaya dan udara. Sirkulasi udara yang baik serta pencahayaan alami akan membuat kondisi rumah tidak pengap dan lebih segar.

Pastikan Rumah Tetap Kering

Kering yang dimaksud adalah dalam artian rumah anda memiliki sistem saluran air yang baik, tidak ada kebocoran maupun rembesan air. Rembesan air pada tembok maupun lantai tentunya akan dapat membuat rumah menjadi lembab. Rumah yang lembab tentunya akan mudah ditumbuhi jamur dan lumut serta akan dapat menjadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri. Hal itu tentunya dapat memicu gangguan kesehatan. Jagalah agar lingkungan tempat tinggal anda selalu kering.

Memisahkan Sampah Kering dan Basah

Pisahkan sampah yang kering dan basah, serta buanglah sampah setiap hari di tempat sampah utama yang berada di luar rumah. Hal ini akan membuat rumah Anda terhindar dari bau yang tidak sedap dan serangga yang biasanya menghinggapi tempat sampah.

Selalu Menjaga Kebersihan Rumah

Bersih pangkal sehat, tentunya pepatah tersebut memang benar adanya. Agar rumah anda menjadi rumah yang nyaman dan sehat, jagalah selalu kebersihan rumah anda. Bersihkan rumah secara teratur setiap hari dengan menyapu, mengepel dan membersihkan debu-debu yang menempel pada perabotan. Bersihkan rumah dan kelola limbah rumah tangga anda secara teratur. Dengan demikian anda dan keluarga anda akan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Rutin Membersihkan Kamar Mandi

Bersihkan kamar mandi anda secara teratur seminggu sekali, kuras bak dan sikat lantai kamar mandi serta toilet. Gunakan cairan pembersih pada semua tempat yang disentuh (wastafel, toilet, tombol lampu) dan bersihkan sudut-sudut di sekitar saluran pembuangan.

Loading...

Cegah dari Kontaminasi Bahan Bangunan

Pilihlah bahan bangunan yang bebas dari bahan-bahan berbahaya. Gunakan bahan bangunan yang kiranya tidak mengganggu kesehatan kita. Hindari bahan bangunan formaldehida untuk menghindari kontaminasi.

Perhatikan Keamanan Rumah

Cek kondisi rumah setiap saat. Taruh barang-barang dengan rapi. Letakkan barang-barang berbahaya seperti pisau dan benda tajam lainnya, jauhkan dari jangkauan anak-anak. Bangunlah rumah dengan bentuk, fungsi, dan dekorasi yang kiranya aman dan nyaman bagi keluarga anda.

Rajin Membersihkan Kulkas

Selalu cuci dan bersihkan kulkas anda. Bagian kulkas yang harus selalu dicuci adalah bagian yang sering tersentuh tangan atau bagian pintu. Banyak orang yang terbiasa membuka kulkas kemudian mengambil makanan di dalamnya. Dari situlah kuman berpindah.Oleh karena itu, biasakan pula mencuci tangan sebelum makan.

Perhatikan Pencahayaan Rumah

Penerangan atau pencahayaan merupakan elemen penting bagi sebuah hunian. Rumah yang indah tanpa memiliki sistem pencahayaan yang baik, tidak akan menjadi rumah yang sempurna. Karena itu, penting untuk memperhatikan pencahayaan pada rumah. Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, Anda dapat memanfaatkan cahaya alami ataupun dengan lampu.

Perhatikan Ventilasi untuk Pergantian Udara

Manusia sudah pasti tidak bias hidup tanpa oksigen. Agar anda sekeluarga tetap sehat dan nyaman perhatikan lubang ventilasi di rumah anda agar udara dalam rumah terutama di dalam ruangan dapat berganti. Udara yang bersih tentulah akan membawa kenyamanan dan kesehatan bagi penghuninya. Perhatikan saluran pergantian udara dalam rumah agar keluarga anda tetap sehat dan nyaman tinggal di dalam rumah.

Mungkin itulah tips untuk menciptakan rumah yang sehat dan nyaman yang bisa darsitek berikan. Mudah-mudahan bisa berguna untuk hunian anda jika diterapkan sepenuhnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share 😉

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here