Beranda Arsitek 6 Aspek Penting dalam Pemeliharaan (Maintenance) Bangunan

6 Aspek Penting dalam Pemeliharaan (Maintenance) Bangunan

20
0
BERBAGI
pemeliharaan bangunan
pemeliharaan bangunan

Pemeliharan (maintenance) bangunan adalah sangat penting dan perlu setelah bangunan tersebut selesai dibangun dan dipergunakan. Pemeliharaan ini akan membuat umur bangunan tersebut menjadi lebih panjang.

6 Aspek Penting dalam Pemeliharaan (Maintenance) Bangunan

Pemeliharaan Bangunan meliputi persyaratan yang terkait:

Keamanan Bangungan

Yaitu kondisi yang menjamin tercegahnya segala gangguan baik oleh manusia, cuaca maupun gangguan ketidakamanan lainnya terhadap bangunan.

Keselamatan Bangunan Gedung

Yaitu kondisi yang menjamin keselamatan dan tercegahnya bencana (kebakaran, gempa, petir, angin kencang dan banjir) dalam suatu bangunan beserta beban penghunian (manusia, peralatan, dan barang) yang di akibatkan oleh kegagalan atau tidak berfungsinya utilitas gedung.

Kenyamanan Bangunan

Yaitu kondisi yang menyediakan berbagai kemudahan yang diperlukan sebagai fungsi ruangan atau gedung dan atau lingkungan sehingga penghuni dapat melakukan kegiatannya dengan baik, betah dan produktif.

Kesehatan Bangunan

Yaitu kinerja yang menjadikan kondisi sehat atas ancaman sakit, polusi dan kontaminasi melalui penghawaan, pencahayaan, hygiene dan sanitasi bangunan.

Keandalan Bangunan

Yaitu terjaminnya tingkat kesempurnaan kondisi perlengkapan proteksi yang menjamin keselamatan, fungsi, dan kenyamanan suatu bangunan dan lingkungannya selama masa pakai bangunan dari segi bahaya terhadap kebakaran.

Kemudahan Bangunan

Yaitu kinerja yang menjadikan kondisi serba mudah dalam pemanfaatan bangunan melalui layout ruang dan kelengkapan prasarana.

Sumber referensi: Mitra Arsitek

Sekian postingan kali ini tentang 6 Aspek Penting dalam Pemeliharaan (Maintenance) Bangunan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini agar yang lain bisa mendapat manfaatnya juga. Terima kasih telah membaca artikel ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here