Beranda Konstruksi Bangunan Cara Membuat Batako Ringan Manual dengan Mudah

Cara Membuat Batako Ringan Manual dengan Mudah

BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
Gambar Cara Membuat Batako Manual
Gambar Cara Membuat Batako Manual

Cara Membuat Batako – Bahan material bangunan merupakan keperluan yang sangat dibutuhkan dipasaran saat ini. Maka dari itu, proses produksi berbagai macam bahan material bangunan terus dilakukan. Karena jumlah kebutuhannya banyak, maka akan membuat penghasilan dari para produsennya menjadi semakin besar dan tidak rugi.

Salah satu bahan material bangunan yang banyak diproduksi adalah batako ringan. Batako juga menjadi salah satu bahan material yang banyak diperlukan dipasaran. Kalau Anda tertarik memproduksi ataupun membuatnya sendiri, maka akan saya jelaskan secara lengkap bagaimana cara membuat batako paling mudah disini.

Mengenal Jenis Batako

Gambar Batako
Gambar Batako

Sebelum kita membahas mengenai cara membuat batako press manual, tahukah Anda apa itu batako? Kalau belum tahu, maka akan saya jelaskan secara singkat. Batako adalah suatu bahan material bangunan yang terbuat dari bahan berupa campuran pasir dengan semen yang diaduk lalu dicetak.

Saat ini ada dua jenis batako yang beredar dipasaran. Jenis yang pertama yaitu batako manual yang dibuat menggunakan tenaga manusia, lalu ada lagu jenis batako yang dibuat menggunakan mesin cetak secara otomatis. Anda bisa memilih jenis batako mana yang sesuai selera sendiri.

Perlu diketahui walaupun dari cara pembuatannya beda, tapi dari bentuk sampai dengan cara penggunaannya sama saja. Selain itu dari kedua jenis batako ini tetap dilengkapi rongga ditengahnya. Sementara itu untuk ukuran yang dimiliki masih seimbang karena batako memiliki beberapa ukuran standar.

Ukuran standar batako umumnya punya panjang 36-40 cm dan tinggi 18-20 cm dengan ketebalan antara 8-10 cm. Walaupun antara batako yang dibuat manual dan ptpmatis punya kesamaan, bukan berarti kita sama sekali tidak bisa membedakan antara keduanya.

Salah satu cara untuk membedakannya adalah dari segi kepadatan dibagian permukaannya. Kalau kita melihat batako yang dibuat pakai mesin, maka kepadatannya lebih bagus. Hal inilah yang membuat batako mesin terbilang punya kualitas yang lebih baik dibandang batako press manual.

Tapi tetap saja keduanya bagus digunakan sebagai bahan material batako uang memiliki kelebihan dibanding material lain seperti batu bata. Kelebihan batako dari batu bata yaitu sifatnya yang anti air, jadi kita tidak takut kalau rumah kita terkena rembesan air.

Selain itu kalau kita melihat dari segi harga, maka batako lebih murah kalau kita bandingkan dengan batu bata. Maka dari itu tidak heran akan sering terlihat penggunaan batako pada pembangunan rumah atau bangunan dengan dana minimalis. Walaupun minimalis, tapi tetap saja kualitasnya bagus sebagai bahan material kuat.

Bahan Pembuatan Batako

Kita telah mengenal lebih jauh mengenai jenis batako dalam pembahasan diatas. Kali ini kita akan membahas mengenai bahan pembuatan batako. Tentunya mempersiapkan berbagai bahan material dan alat merupakan hal penting sebelum mengeksekusi cara membuat batako pres manual secara singkat.

Perlu diketahui kalau dipasaran sekarang sudah ada inovasi pembuatan batako. Banyak orang yang menggunakan cara membuat batako dari sekam padi, cara membuat batako dari kertas, cara membuat batako dari serbuk kayu, cara membuat batako plastik dan berbagai bahan lain dalam pembuatan batako.

Akan tetapi disini kita akan membuat batako dengan bahan dan alat yang umum saja. Perlu diketahui kalau berbeda dengan bahan pembuatan batu bata yang cenderung sulit, batako itu bahannya sangat simple sekali. Dimana-mana pasti mudah diperoleh, disini bahan utamanya berupa semen dan pasir.

Untuk pasir yang digunakan sendiri bisa menggunakan pasir yang banyak digunakan sebagau bahan bangunan. Tapi memang perlu sekali melalui proses pengayakan terlebih dahulu. Proses pengayakan ini bertujuan menghasilkan pasir dengan butiran yang lebih halus dan merata. Proses pengayakan yang baik juga akan mempengaruhi kualitas batako yang dibuat.

Selain bahan utama yang berupa pasir serta semen, bahan utama lain yang tidak kalah pentingnya yaitu alat cetak batako. Umumnya banyak orang yang membuatnya sendiri menggunakan rakitan kayu. Tapi kalau mau lebih rapi, usahakan menggunakan alat cetak batako saja.

Alat cetak batako ini bisa diperoleh dengan cara memesan custom kepada tukang las. Tapi kalau tidak mau terlalu lama, bisa langsung membelinya dipasaran saja. Untuk cetakan yang ada dipasaran itu biasanya sudah memiliki ukuran standar sehingga bisa kita ikuti saja.

Beberapa alat penting yang harus kita siapkan juga ada lagi. Diantaranya seperti ayakan pasir, kotak tempat pengadukan adonan batako, sendok semen, cangkul, sekop, ember untuk air sampai dengan plastik. Semua bahan dan alat ini merupakan kesatuan penting yang tidak boleh terlewatkan.

Cara Membuat Batako Ringan Manual Press Terbaru

Gambar Cara Membuat Batako Manual
Gambar Cara Membuat Batako Manual

Setelah kita berhasil mempersiapkan segala bahan material pembuatan batako sampai dengan alat yang akan digunakan, selanjutya kita akan mengetahui cara membuat batako manual yang terbilang sangat sederhana. Untuk membuatnya, ikuti saja langkah atau cara membuat batako press berikut :

  • Untuk langkah pertama yang akan kita lakukan adalah mengayak pasir dulu. Kita harus memastikan pasir yang kita miliki tidak terdapat kerikil dalam ukuran yang tidak sesuai. Selain itu pastikan pasir tidak dilengkapi dengan lumpur atau kotoran apapun.
  • Kedua kita bsa mulai membuat adonan beton. Saya sarankan Anda agar memakai sarung tangan terbuat dari plastik. Hal ini mencegah agar tangan Anda tidak terlalu kotor.
  • Dalam membuat beton, maka kita bisa menuang pasir pada tempat adukan dengan ketinggian kurang lebihnya 10 cm, setelah itu tambah semen. Penambahan semen ini harus secukupnya saja, kalau sudah ditambahkan, maka tinggal aduk sampai adonan beton ini benar-benar jadi rata.
  • Apabila adonan beton ini sudah kita campur dengan rata, maka tinggal bentuk ditempat adukan menjadi seperti gundukan. Lalu tambah cekungan pada bagian tengahnya. Bayangkan saja seperti melihat gunung dengan lava dibagian tengahnya.
  • Pada tahap ini, adonan yang sudah kita buat dapat segera masuk kedalam proses pencetakan secara manual.
  • Proses pencetakan ini kita akan menggunakan akat berupa rakitan kayu ataupun besi cetakan batako yang sudah kita siapkan. Disini kita harus memposisikan alat ini secara terbaik, setelah itu isi cetakan ini sedikit demi sedikit saja. Agar adonan menjadi padat, maka pakai lempengan besi yang biasa dipakai buat meratakan adonan beton.
  • Setelah itu, segera angkat kalau cetakan yang kita gunakan sudah penuh dengan adonan. Kita disini harus menghindarkan adonan jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Untuk menghindarkannya, kita bisa menggunakan plastik sebagai penutup.
  • Kita disini sudah berhasil melakukan pencetakan. Kita bisa menunggu sampai benar-benar kering dan kadar airnya hilang. Setelah itu, kita bisa langsung menjualnya dipasaran.

Cek juga video pembuatan Batako via Youtube dibawah ini :

Itulah pembahasan yang dapat saya lakukan tempat cara pembuatan batako. Sedikitnya bahan yang diperlukan sampai dengan mudahnya cara membuatnya, membuat kita bisa mengeksekusinya sendiri. Tapi tetap saja perlu bimbingan kalau belum bisa membuat adonan dengan benar. Jangan lupa baca juga Harga Batako. Semoga informasi ini bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini