Beranda Teknologi Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Dengan Mudah

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Dengan Mudah

267
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
Flashdisk

Asdar.id – Flashdisk atau flash drive merupakan alat penyimpanan portabel yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer atau perangkat pintar. Hal ini dikarenakan bentuk flashdisk yang kecil sehingga sangat mudah untuk dibawa kemanapun kamu mau. Kapasitas flashdisk pun bisa dibilang cukup besar. Saat ini flashdisk yang umum digunakan memiliki kapasitas 8 giga bytes hingga 2 tera bytes. Oleh karena itu, flashdisk merupakan pilihan paling tepat untukmu jika ingin memindah suatu file atau menyimpan suatu file lalu membawanya kemanapun kamu mau.

Walaupun flashdisk memiliki berbagai kelebihan, hal tersebut tidak lantas menghindarkan flashdik dari beberapa masalah. Pada beberapa flashdisk yang kami temui kadang terjadi kendala seperti data yang hilang atau flasdisk yang tidak terdeteksi. Jika flashdiskmu tidak terbaca, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan membaca tutorial di bawah ini.

Cara Termudah Mengatasi Flashdisk Tidak Terdeteksi

Tidak semua flashdisk memiliki ketahanan yang sama, satu flashdisk bisa bertahan hingga beberapa tahun sedangkan flashdisk lainnya hanya dapat bertahan hingga beberapa minggu walaupun memiliki tipe dan merk yang sama persis. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh pemakaian si pengguna ataupun bisa juga quality control flashdisk tersebut yang buruk. Salah satu masalah yang dapat timbul adalah flashdisk tidak terdeteksi, untuk itu kami telah menyiapkan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca.

Flashdisk yang tidak terbaca bisa disebabkan oleh banyak hal. Apapun masalahnya(terkecuali masalah perangkat keras), kamu bisa mencoba EaseUS untuk mengembalikan file berhargamu.

  • Tancapkan flashdisk pada port USB komputer
  • Jalankan EaseUS Data Recovery Wizard dan pindai flashdiskmu
  • Cek dan teliti lagi data flasdiskmu, centang pada file atau data yang ingin kamu selamatkan.
  • Kembalikan data dari flashdiskmu dengan cara klik ‘Recover’

Cara Lain Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

  • Masalah Hardware

Apabila yang rusak adalah hardware flashdiskmu, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah melakukan klaim garansi di toko tempat kamu membeli flashdisk atau distributor flashdiskmu. Jika kamu ingin mengembalikan data yang ada dalam flashdiskmu, siapkanlah uang yang tidak sedikit lalu hubungi jasa data recovery profesional karena hal tersebut bukanlah hal yang mudah dilakukan dan membutuhkan sentuhan seorang profesional.

Muncul Pesan “USB Device Not Recognized”

Jika hal ini terjadi, maka langkah-langkah yang harus kamu lakukan cukup mudah. Pertama, buka Control Panel > System > Device Manager > Disk drivers. Selanjutnya, cari flashdisk milikmu, klik kanan lalu pilih “Uninstall” dan selanjutnya klik “Scan for hardware changes” untuk merefresh driver.

  • File Sistem pada Flashdisk Korup atau Menjadi RAW

File sistem yang korup adalah salah satu masalah yang umumnya mengakibatkan flashdisk tidak terbaca. Hal ini biasa terjadi setelah terkena serangan virus atau setelah flashdisk dicabut secara mendadak.

Untuk mengatasi file sistem flashdisk yang korup, kamu bisa menggunakan Command Prompt atau biasa disingkat CMD. Pertama, klik kanan pada cmd.exe dan klik  ‘Run as administrator”, lalu ketik “chkdsk /X /f G:” atau “chkdsk G: /f” (ganti G: dengan drive letter flashdisk yang akan kamu perbaiki.

Operasi ini akan membuat Windows mengecek dan memperbaiki file sistem di flashdiskmu. Jika proses perbaikan berjalan dengan semestinya, akan muncul tulisan di layar CMD “Windows has made correction to the file system”. Hal ini berarti flashdisk yang rusak tersebut sudah selesai diperbaiki dan dapat diakses kembali

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini