Beranda Struktur Bangunan Cara Pemotongan Tiang Pancang

Cara Pemotongan Tiang Pancang

915
0
BERBAGI
asdar.id menyediakan Member Premium Download untuk download file tanpa embel-embel iklan dan halaman, apa lagi harus menunggu timer yang begitu lama. Dengan berlangganan Member Premium Download, semua file dapat didownload dengan singkat langsung menuju ke sumbernya!, klik DISINI untuk DAFTAR :-) Untuk cara download file Member Free Download, bisa membaca Tutorial Download yang ada dibawah Timer (halaman Safelink) saat menekan tombol download.
Rekomendasi aplikasi hitung cepat RAB akurat dan otomatis, sangat mudah digunakan. Tinggal ganti dimensi, RAB Langsung Jadi. Jika anda seorang ahli sipil atau arsitek, rugi jika tidak punya filenya. Silahkan klik DISINI untuk mendapatkan Filenya.
cara pemotongan tiang pancang
cara pemotongan tiang pancang

Dengan pengetahuan proyek, pelaksanaan pembangunan menjadi lebih terbantu, termasuk dalam metode pemotongan tiang pancang. Meskipun terlihat sederhana, langkah-langkah yang tepat sangat penting untuk menghindari kesulitan.

Kesulitan di sini mengacu pada penyelesaian proyek yang memakan waktu lebih lama, biaya yang lebih tinggi, dan hasil yang kurang optimal.

Berikut ini asdar.id bagikan beberapa tips sederhana dalam melaksanakan pemotongan tiang pancang. Semoga tips ini dapat membantu membuat pekerjaan menjadi lebih mudah tanpa kesulitan yang berarti.

Pemotongan tiang pancang dilakukan untuk mencapai elevasi yang sesuai dengan rencana tinggi pile cap.

Terdapat dua tahap dalam pemotongan tiang pancang, yaitu:

  • Tahap I: Pemotongan tiang pancang dilakukan untuk menghapus bagian yang berlebihan dari tiang hingga sejajar dengan permukaan tanah.
  • Tahap II: Pemotongan tiang pancang dilakukan untuk mendapatkan tulangan penyaluran yang diperlukan.

Cara Pemotongan Tiang Pancang

Berikut ini akan dijelaskan langkah demi langkah proses pemotongan tiang pancang.

pemotongan tiang pancang
pemotongan tiang pancang

Pada foto tersebut, terlihat pekerja sedang menggunakan palu untuk memotong tiang pancang berbentuk lingkaran.

Tahap I

Pemotongan tiang pancang dilakukan untuk menghapus bagian yang berlebihan dari tiang hingga sejajar dengan permukaan tanah. Berikut adalah uraian mengenai tahapan pemotongan tiang pancang:

  1. Untuk tiang pancang dengan tinggi ≥ 4m, dilakukan pengikatan menggunakan truck crane sebagai pengaman agar tiang tidak jatuh ke arah yang tidak diinginkan. Sedangkan untuk tiang pancang dengan tinggi ≤ 4m, digunakan tali dalam 2 arah.
  2. Tiang pancang kemudian dipotong menggunakan pahat atau gurinda hingga tulangannya terlihat. Proses ini dilakukan untuk memperlihatkan bagian dalam tiang.
  3. Setelah tulangan terlihat, tahap selanjutnya adalah memotong tulangan menggunakan alat blunder las. Hal ini dilakukan untuk memisahkan potongan tiang dari tulangannya.
  4. Potongan tiang yang telah dipisahkan kemudian diangkat menggunakan truck crane dan diangkut ke area penimbunan tiang. Di area tersebut, potongan-potongan tiang akan ditumpuk secara teratur untuk penyimpanan atau penggunaan selanjutnya.

Berikut ini adalah urutan tahap pelaksanaan yang disajikan dalam bentuk flow chart.

flow chart pemotongan tiang pancang
flow chart pemotongan tiang pancang

Tahap II

Pemotongan tiang pancang dilakukan untuk mendapatkan tulangan penyaluran yang Berikut adalah uraian mengenai tahapan pemotongan tiang pancang:

  1. Gunakan mesin cutter untuk memotong tiang pancang pada elevasi yang telah direncanakan, sebagai batas pemotongan.
  2. Gunakan pahat atau gurinda serta palu dengan berat 5 kg untuk memotong bagian tiang pancang sehingga mengekspos tulangannya sepanjang penyaluran yang dibutuhkan, sekitar ± 100 cm.
  3. Bersihkan sisa-sisa pemotongan dari area pile cap.

urutan tahap pelaksanaan yang disajikan dalam bentuk flow chart seperti diatas.

Itulah sebuah metode atau cara pemotongan tiang pancang, di mana terdapat pula metode lain yang menggunakan mesin guna mempermudah, mempercepat, dan memperindah pekerjaan tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu, semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini