Beranda Sipil Download RAB Administrasi Pertanahan Format Excel

Download RAB Administrasi Pertanahan Format Excel

1123
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
rab administrasi pertanahan
rab administrasi pertanahan

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Artikel kali ini saya akan membagikan RAB Administrasi Pertanahan Format Excel kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

RAB ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi perhitungan anggaran biaya untuk operasional desa, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar menghitung anggaran biaya.

Pengertian Administrasi Pertanahan

Administrasi Pertanahan merupakan bagian dari Administrasi Negara yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang pertanahan. Penyelenggaraan administrasi ini merupakan tugas Badan Pertanahan Nasional.

Murad di dalam bukunya Administrasi Pertanahan Pelaksanaannya Dalam Praktek, menyatakan bahwa yang dimaksud dengan pertanahan, adalah:

“Suatu kebijakan yang digariskan oleh Pemerintah di dalam mengatur hubungan-hubungan hukum antara tanah dengan orang sebagaimana yang ditetapkan oleh Undang-Undang Dasar 1945 dan dijabarkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 yang dikenal dengan Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA).”(1997:1)

Sedangkan pengertian Administrasi Pertanahan menurut Murad, adalah:

“Suatu usaha dan kegiatan suatu organisasi dan manajemen yang berkaitan dengan penyelenggaraan kebijakan-kebijakan Pemerintah di bidang Pertanahan dengan menggerakan sumber daya untuk mencapai tujuan seseuai dengan Per-Undang-Undangan yang berlaku.” (1997:1)

Kebijakan pokok pertanhan dan sekaligus arah pembangunan di bidang pertanahan adalah sukses pemecahan masalah pertanahan. Berdasarkan arah kebijakan tersebut, ditetapkan sasaran pelaksanaan tugas yaitu terwujudnya Catur Tertib Pertanahan yang berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 1979, tentang Catur Tertib Pertanahan. Catur Tertib Pertanahan adalah sebagai berikut:

  1. Tertib Hukum Pertanahan. Dengan tertib hukum pertanahan dimaksudkan bahwa setiap bidang tanah penguasaan, pemilikan dan penggunaannya baik oleh pribadi maupun Badan Hukum mempunyai hubungan hukum yang sah menurut Peraturan Perundangan yang berlaku. Adanya hubungan hukum yang sah tersebut ditunjukan antara lain oleh surat tanda hak atas tanah serta bukti kepemilikan yang sah yakni sertifikat.
  2. Tertib Administrasi Pertanahan. Dengan adanya tertib administrasi pertanahan dimaksud bahwa data-data setiap bidang tanah tercatat dan diketahui dengan mudah, baik mengenai riwayat, kepemilikan, subjek haknya, keadaan fisik serta ketertiban prosedur dalam setiap urusan yang menyangkut tanah.
  3. Tertib Penggunaan Pertanahan. Dengan tertib penggunaan pertanahan dimaksudkan bahwa setiap bidang tanah telah diusahakan atau dipergunakan sesuai dengan kemampuan dan peruntukannya, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat banyak.
  4. Tertib Pemeliharaan Tanah dan Lingkungan Hidup. Dengan tertib pemeliharaan tanah dan lingkungan hidup dimaksudkan bahwa setiap penguasaan dan penggunaan atas tanah telah memperhatikan dan melakukan usaha-usaha untuk menunjang terwujudnya kelestarian hidup.

Download Contoh RAB Lomba Desa (Format RAB Siskeudes)

Bentuk format RAB administrasi pertanahan ini telah disesuaikan dengan format RAB sesuai Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) maupun menurut Permendagri 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Jika Anda ingin mengeceknya, silahkan cek pada aturan tersebut.

Itu juga berarti bagi Anda yang berkecimpung di instansi pemerintahan desa, baik sebagai Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), maupun Lembaga Kemasyarakatan Desa tidak asing dengan yang namanya “perencanaan pembangunan desa” maupun “perencanaan penganggaran”.

Akan tetapi barangkali sebagian dari Anda membutuhkan contoh format untuk memaksimalkan kegiatan perencanaan, baik itu kegiatan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Dan RAB Administrasi Tanah ini adalah salah satu diantaranya. Jika Desa Anda ingin melaksanakan kegiatan pengadministrasian tanah yang anggarannya dibebankan pada APBDes.

Jika kita meneropong lebih jauh, dalam postur APBDes sesuai Permendagri no. 20 Tahun 2018, kegiatan administrasi pertanahan disebutkan dalam Lampiran Permendagri tersebut. Lebih lanjut, kegiatan ini dalam konteks Permendagri 20/2018 termasuk dalam bidang penyelenggaraan pemerintahan desa dan sub bidang pertanahan.

Dengan begitu dapat pula dikatakan apabila Desa hendak merencanakan dan/atau menganggarkan untuk kegiatan administrasi pertanahan ini. Dengan pertimbangan atau tujuan pelaksanaan administrasi pertanahan (misalnya) adalah untuk tertib administrasi di bidang pertanahan. Maka salah satu langkah yang harus dilakukan untuk dapat menyelenggarakan kegiatan agraria ini adalah menyusun atau membuat RAB-nya.

Untuk teman-teman yang membutuhkan contoh RAB Administrasi Pertanahan (pendaftaran tanah dan pemberian registrasi agenda pertanahan) Format Excel, silahkan didownload secara gratis dibawah ini:

RAB Administrasi Pertanahan Format Excel

Google Drive DOWNLOAD[8.83KB]
Mediafire DOWNLOAD[8.83KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan kali ini mengenai RAB Administrasi Pertanahan Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi mengerjakan proyek anggaran biaya desa atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini