Beranda Tips Rumah Faktor Penting Dalam Memilih Lahan

Faktor Penting Dalam Memilih Lahan

265
0
BERBAGI
faktor penting dalam memilih lahan
faktor penting dalam memilih lahan

Membangun rumah merupakan impian setiap orang. Namun dalam mencapai impian tersebut diperlukan perencanaan. Perencanaan yang matang dan baik akan membuat kita lebih dekat dengan rumah impian kita. Salah satu bagian perencanaan yang perlu kita perhatikan adalah perencanaan lahan. Berikut ini saya akan share untuk anda tentang faktor penting dalam memilih lahan bangunan (Kavling) untuk Rumah idaman anda.

Faktor Penting Dalam Memilih Lahan

1. Faktor Budget/Dana

budget atau danaIni adalah bagian yang penting dalam setiap kegiatan dan perencanaan. Sebelum melakukan pembelian kavling, ada baiknya kenali dulu budget anda. Sangat penting menghitung “kelowongan” dana anda. Ketahui bahwa dana tidak hanya disediakan untuk tanah kavling saja, tetapi juga persiapkan untuk perencanaan bangunan/rumah anda.

2. Faktor Legalitas dan Kepemilikan Sah

sertifikat tanahFaktor ini perlu anda perhatikan jika anda tidak ingin bersengketa dikemudian hari. Bukti kepemilikan sah dalam bentuk kelengkapan dokumen tanah sangat penting. Diharapkan tidak ada saling klaim antar pihak yang bekepentingan dikemudian hari. Pastikan tanah/lahan kavling yang anda beli memenuhi aspek legalitas kepemilikan sah. Bukti berupa sertifikat tanah sangat anda perlukan. Untuk lebih meyakinkan lagi, ada baiknya anda mengecek legalitas sertifikat kepemilikan tanah tersebut ke badan pertanahan daerah anda.

3. Faktor Lokasi dan Geografis

lokasi dan geografisFaktor lokasi berkaitan dengan perencanaan kedepannya, pilihlah lokasi yang strategis. Aspek strategis tersebut diantaranya:

  • Kemudahan akses, tersedia jalan yang memadai dan layak sangat dianjurkan dekat jalan poros.
  • Fasilitas umum, sangat dianjurkan memilih lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti Pasar atau pusat perniagaan, Rumah sakit, Sekolah, Tempat ibadah dan lainnya.
  • Tempat Kerja, sebaiknya lokasi yang anda pilih berdekatan dengan tempat kerja anda.
  • Lokasi rawan bencana, pertimbangkan jika daerah anda dekat tebing longsoran atau lereng tidak stabil. Pilihlah daerah yang betul-betul aman dan cocok untuk anda.

4. Faktor Rencana Bangunan

hunian yang nyamanJenis bangunan yang akan anda huni sangat dan saling berkaitan dengan rencana lahan yang anda miliki. Terutama dalam pemenuhan aspek seperti:

  • Keamanan, sudah pasti lahan yang baik harus memenuhi keamanan bagi bangunan yang berdiri diatasnya. Misalnya dalam perencanaan bangunan pada lahan timbunan/rawa diperlukan perencanaan pondasi yang baik.
  • Kenyamanan, pada dasarnya kenyamanan bersifat relatif bagi setiap orang, namun rumah nyaman harus disupport oleh lokasi/lahan yang baik atau strategis. Misalnya pemilihan lokasi dalam menentukan sirkulasi udara yang baik, jatuhnya cahaya sore yang panas sehingga membuat rumah tidak nyaman.
  • Estetika, keindahan bangunan menjadi dambaan setiap orang. Bukan hanya dalam pemenuhan aspek fungsi bangunan. Kontur lahan dapat mempengaruhi Estetika bangunan.

Ketahui bahwa dengan perencanaan yang baik, akan sangat menguntungkan bagi anda. Rumah yang dibangun dengan perencanaan baik akan menjadi aset dan investasi yang sangat berharga untuk anda.

Sumber referensi: mitra-arsitek.com

Demikian sedikit informasi yang bisa disampaikan mengenai faktor penting dalam memilih lahan, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa mendapat manfaatnya, sekian dan terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini