Beranda Arsitek Mengetahui Standar Ukuran Tinggi dan Lebar Pintu Rumah

Mengetahui Standar Ukuran Tinggi dan Lebar Pintu Rumah

838
0
BERBAGI
contoh pintu rumah
contoh pintu rumah

Selamat siang pembaca setia darsitek dimanapun berada, berjumpa lagi dengan situs kesayangan kita. kali ini darsitek akan mendeskripsikan secara singkat mengenai standar ukuran tinggi dan lebar pintu rumah atau dalam dunia arsiteknya sering kita sebut dimensinya.

Berbicara seputar standar ukuran tinggi dan lebar pintu rumah maka kita perlu tahu berapa ketinggian maksimal orang yang akan menghuni rumah tersebut atau orang yang sering berkunjung ke tempat tinggal tersebut. jika kita ukur maka rata-rata ketinggian orang indonesia berkisar antara 160cm sampai 180cm, oleh karena itu agar kepala tidak kejedot maka kita harus membuat kusen pintu lebih tinggi diatas ukuran tersebut. standarnya yaitu ketinggian bersih daun pintu 210 cm, jika ditambah kusen setebal 6cm maka total ada 216m.

Lalu berapakah standar lebar pintu rumah? untuk mengetahuinya perlu kita ketahui berapa lebar badan orang yang akan melewatinya, rata-rata tubuh orang dewasa selebar 60cm, jadi pintunya bisa dibuat lebih lebar sedikit dari itu. Untuk ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga dan dapur lebar daun pintunya 80cm, jika ditambah dua buah kusen kanan kiri setebal dua kali enam senti meter, maka total ada 92cm. sedangkan kamar mandi bisa dibuat lebih kecil yaitu 70cm, atau dibuat sama jadi 80cm juga tidak masalah.

Standar Ukuran Pintu Rumah

Untuk mengetahui standar ukuran pintu rumah, dapat dilihat dibawah ini.
1.    Ruang Tamu, ukuran pintu 92cm x 216cm (sudah termasuk tebal kusen).
2.    Kamar Tidur, ukuran pintu 92cm x 216cm (sudah termasuk tebal kusen).
3.    Ruang Makan, ukuran pintu 92cm x 216cm (sudah termasuk tebal kusen).
4.    Dapur, ukuran pintu 92cm x 216cm (sudah termasuk tebal kusen).
5.    Ruang Kerja, ukuran pintu 92cm x 216cm (sudah termasuk tebal kusen).
6.    Gudang    , ukuran pintu 92cm x 216cm (sudah termasuk tebal kusen).
7.    Kamar Anak, ukuran pintu 92cm x 216cm (sudah termasuk tebal kusen).
8.    Ruang Belajar, ukuran pintu 92cm x 216cm (sudah termasuk tebal kusen).
9.    Ruang Santai, ukuran pintu 92cm x 216cm (sudah termasuk tebal kusen).
10.    Ruang Cuci, ukuran pintu 82cm x 216cm (sudah termasuk tebal kusen).
11.    Kamar Mandi, ukuran pintu 82cm x 216cm (sudah termasuk tebal kusen).
12.    Kamar Mandi, WC atau Toilet, ukuran pintu 82cm x 216cm (sudah termasuk tebal kusen).

Loading...

Gambar Standar Tinggi dan Lebar Pintu Rumah Beserta Ukurannya

Untuk contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Standar Tinggi dan Lebar Pintu Rumah

Keterangan: disebelah kiri merupakan ruangan umum seperti ruang tamu, sedangkan yang sebelah kanan merupakan pintu kamar mandi atau toilet.

Pembahasan diatas merupakan standar ukuran tinggi dan lebar pintu rumah, dalam pelaksanaannya tidak harus sama persis seperti gambar. Kita bisa buat lebih tinggi agar terlihat beda, atau lebih rendah dengan konsekuensi setiap orang yang lewat harus membungkuk agar tidak kejedot. ini cocok diterapkan di pintu masjid untuk mengajarkan orang agar membungkuk terlebih dahulu sebelum masuk, ini artinya mempunyai makna kerendahan hati dan tidak sombong.

Demikian artikel ini mengenai Mengetahui Standar Ukuran Tinggi dan Lebar Pintu Rumah, semoga bisa berguna untuk kita semua. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE atau bisa subscribe/langganan halaman darsitek di facebook untuk terus mengikuti perbaruan situs ini, terimakasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here