Beranda Desain Rumah Perencanaan Desain Bangunan Rumah Tinggal

Perencanaan Desain Bangunan Rumah Tinggal

1693
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
contoh desain interior
contoh desain interior

Setelah kita mendapatkan data-data akurat dan lengkap dari hasil servey (Baca: Panduan Survey Membangun Rumah Tinggal), maka langkah selanjutnya yaitu Perencanaan Desain Bangunan Rumah Tinggal.

Desain Denah Rumah Tinggal

Mendesain bangunan rumah adalah proses membentuk Ide-ide dan seni, sehingga tercipta suatu gambar rencana dan gambar kerja yang sesuai dengan keinginan pemilik rumah. Dengan Mendesain Bangunan Rumah, kita akan mendapatkan Bentuk dan Tipe Rumah yang sesuai.

Langkah pertama yang harus kita lakukan dalam mendesain Rumah Tinggal adalah Pembuatan Denah Rumah. Dalam denah rumah ini kita akan mendesain bagaimana hubungan antara Ruangan yang ada dalam sebuah Rumah tinggal yang ingin kita buat, berapa ukuran ruangan yang kita Inginkan, dan ruangan-ruangan apa saja yang menjadi kebutuhan kita yang disesuaikan dengan Luas Lahan yang kita miliki.

contoh desain rumah tinggal sederhana
contoh desain rumah tinggal sederhana

Desain Tampak Rumah Tinggal

Gambar Rencana Pembangunan Rumah Tinggal Selain Denah, ada juga Gambar Tampak Depan, Tampak Belakang, Tampak Samping, dan Gambar potongan. Dalam mendesain Tampak Rumah Tinggal maka disesuaikan dengan Model atau Tipe Rumah apa yang mau kita bangun. Apakah Tampak Rumah Sederhana, Minimalis, Mediterania, Modern, atau Tampak Rumah dengan ciri khas budaya tertentu. Semua disesuaikan dengan Model dan Imajinasi sang Desainer atau Arsitek.

Desain Interior Rumah Tinggal

Tak kalah Penting dalam Mendesain Rumah Tinggal yaitu Desain Interiornya. Dalam mendesain Interior rumah tinggal, maka tentunya ada banyak aspek yang perlu kita perhatikan, Mulai dari Jenis Ruangannya, Pemilihan warna yang tepat sesuai fungsi Ruangan, dan Jenis Perabotan apa yang sebaiknya ada dalam suatu ruangan itu perlu untuk di desain sejak awal.

Selanjutnya dalam mendesain Interior Rumah tinggal, Konsep pencahayaan juga sangat perlu untuk menjadi pertimbangan, karena jenis Ruangan Privat, Semi Privat, dan Publik tentu memiliki Pencahayaan yang berbeda tergantung keinginan sang pemilik Rumah.

Ruangan yang perlu di perhatikan dalam Desain Interior yaitu Desain Interior Bedroom atau Kamar Tidur, Desain Dapur/ Kitchen, Desain Ruang Tamu dan Ruang Keluarga/ Living Room atau Desain Interior Bathroom atau Kamar Mandi.

contoh rumah tinggal sederhana
contoh rumah tinggal sederhana

Jika Perencanaan Denah sudah maksimal alias sesuai dengan Ruangan yang diinginkan, selanjutnya tampak Rumah sesuai dengan Jenis Model rumah sudah di desain, serta Interiornya juga sudah selesai di Desain. maka Langkah Selanjutnya adalah Menghitung Rencana Anggaran Biaya dari Desain Rumah Tinggal Tersebut. Untuk artikel lengkapnya silahkan baca:Β Cara Menghitung RAB (Rencana Anggaran Biaya).

Sumber referensi: kampus-sipil.blogspot.com

Sekian postingan kali ini mengenaiΒ Perencanaan Desain Bangunan Rumah Tinggal, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa membacanya juga. Untuk mengikuti perbaruan konten blog ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses blog ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini