Beranda Arsitek 5 Software Desain Arsitektur yang Harus Anda Ketahui

5 Software Desain Arsitektur yang Harus Anda Ketahui

1025
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
software desain arsitektur
software desain arsitektur

5 Software Desain Arsitektur yang Harus Anda Ketahui – Dalam sepuluh tahun terakhir perkembangan dunia teknologi berkembang sangat pesat, arsitektur telah berkembang karena dukungan teknologi. Arsitek adalah profesi yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan teknologi, saat ini terdapat banyak dukungan teknologi untuk memudahkan pekerjaan arsitek.

Salah satunya adalah kehadiran software desain dengan fitur yang meningkatkan kualitas produk, inovasi dan menghemat waktu kerja dalam mendesain.

1. Archicad

archicad
ArchiCad, Sumber: www.graphisoft.com

Archicad adalah software berbasis teknologi BIM pertama untuk arsitek, software ini dibuat oleh perusahaan Graphisoft, dengan teknologi BIM yang memungkinkan arsitek untuk menghasilkan produk desain dengan cepat dan akurat, karena Anda dapat membuat 2D dan 3D pada saat bersamaan, kemudian secara otomatis membantu Anda menghitung massa bangunan, biaya membuat dan menghitung jadwal dan membuat rendering gambar hanya menggunakan satu software.

archicad interface
Archicad Interface

Fitur lain yang dimiliki oleh Archicad:

  • BIM Cloud, memungkinkan Anda untuk bekerja di mana saja.
    bim x
    Bim-X
  • Kolaborasi BIM, Anda dapat bekerja dengan mitra Anda, bahkan mitra multidisiplin.
  • BIM-X adalah aplikasi seluler yang membantu Anda mendapatkan visualisasi instan dengan ponsel Anda.

Bagaimana dengan harganya?

harga archicad
Harga Archicad, Sumber: myarchicad.com

Sebenarnya Archicad menawarkan empat opsi program berlangganan dengan biaya berbeda, bahkan Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan program berlangganan siswa, tetapi beberapa fitur tidak tersedia seperti dalam program Profesional.

2. SketchUp

sketchup
Sketchup, Sumber: www.sketchup.com

SketchUp adalah software yang sangat diminati oleh para arsitek, saya sering menggunakannya untuk membuat visualisasi 3D karena cukup mudah dan tidak harus melakukan banyak pengaturan, Anda juga dapat berkolaborasi dengan V-Ray sebagai mesin rendering untuk dapatkan gambar yang realistis.

sketchup dengan plugin v-ray
Sketchup dengan Plugin V-Ray
3dwarehouse
Sumber: 3dwarehouse.sketchup.com

Yang saya sukai dari SketchUp adalah karena ia memiliki banyak model 3D yang dapat digunakan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan saya secara gratis, serta plugin yang dapat membantu menghasilkan produk desain berkualitas dengan cepat.

Ketika Anda mulai menginstal SkectchUp untuk pertama kalinya, Anda tidak memiliki ratusan plugin, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu, sehingga Anda dapat memilih plugin apa yang Anda butuhkan. Plugin ini bagus untuk SketchUp agar berjalan lebih cepat.

plugin sketchup
Plugins Sketchup, Sumber: extensions.sketchup.com

Bagaimana dengan harganya?

SketchUp menawarkan banyak pilihan program berlangganan, mulai dari berlangganan gratis hingga berbayar, setiap program berlangganan memiliki fitur berbeda. Bagi siswa Anda dapat memperoleh software ini dengan banyak fitur gratis, untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.sketchup.com.

harga sketchup
Harga Sketchup, Sumber: sketchup.com

Saya sangat merekomendasikan Anda menggunakan versi trial terlebih dahulu selama 30 hari sebelum Anda membeli versi lengkapnya. Anda dapat menggunakannya untuk mengetahui dan mempelajari lebih lanjut tentang fitur SketchUp dan Anda dapat membandingkannya dengan software desain yang berbeda.

3. Lumion

lumion
Lumion, Sumber: lumion.com

Lumion adalah software yang digunakan untuk membuat animasi atau rendering gambar. Saya merekomendasikan software ini untuk Anda gunakan. Dengan software ini Anda dapat dengan mudah mendapatkan visualisasi yang sangat realistis, dan Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk proses rendering. Software ini memberi Anda pengalaman rendering seperti dalam kehidupan nyata, selain itu ada banyak objek yang dapat Anda gunakan dalam desain Anda agar membuat desain Anda lebih menarik dan realistis.

hasil render lumion
Hasil Render Lumion

Tidak ada pengalaman membuat rendering 3D? Anda tidak perlu hebat dalam rendering karena Lumion telah memberikan preset rendering untuk Anda gunakan, tentu saja Anda juga dapat melakukannya secara manual. Anda juga akan diberikan tool yang membuat pekerjaan Anda lebih mudah untuk membuat animasi.

Anda tidak perlu khawatir jika Anda melakukan pemodelan di Revit, SketchUp, ArchiCAD, Rhino, AutoCAD, atau 3ds Max, karena software ini juga kompatibel dengan software pemodelan seperti diatas.

Bagaimana dengan harganya?

Sebelum Anda membeli software ini saya sarankan Anda mencoba versi trialnya terlebih dahulu untuk melihat fitur-fitur software ini. Lumion menawarkan tiga pilihan program berlangganan dengan harga yang berbeda, jika Anda seorang pelajar Anda bisa mendapatkan software ini secara gratis tetapi tentu saja ada pengurangan fitur. Anda bisa melihat harganya disini.

4. AutoCad

autocad
Autocad, Sumber: www.autodesk.com

Saya tidak akan membahas software ini terlalu banyak karena saya pikir semua insinyur sudah tahu tentang software ini, terutama arsitek. AutoCad adalah salah satu produk dari Autodesk, awalnya tidak dirancang khusus untuk arsitek, tetapi baru-baru ini Autodesk merilis versi AutoCad untuk arsitek. Software ini dapat membantu Anda menghasilkan gambar teknis seperti denah lantai, elevasi, bagian, dan gambar rinci, bahkan membuat 3D.

autocad interface
Autocad Interface

Yang saya sukai dari Autocad sekarang adalah karena software ini siap berkolaborasi pada banyak software desain lainnya. Saya sarankan Anda untuk tidak membeli software ini tetapi ketahui dulu cara penggunaannya, karena hampir setiap proyek Anda akan bertemu orang-orang yang menggunakan software ini. Sebenarnya Saya lebih suka merekomendasikan software berbasis BIM seperti Archicad atau Revit, tetapi terserah apa yang Anda butuhkan, Anda dapat melihat lebih banyak penjelasan tentang Revit disini.

5. Adobe Photoshop

adobe photoshop
Adobe Photoshop, Sumber: adobe.com

Mengapa Photoshop? Ya, karena arsitek tidak dapat dipisahkan dari visualisasi. Photoshop dapat membantu Anda memanipulasi gambar untuk mendapatkan visualisasi yang Anda inginkan. Hampir setiap desainer 3D pada tahap akhir menggunakan Photoshop untuk meningkatkan kualitas gambar mereka. Bahkan Anda yang tidak memiliki perenderan software dapat menggunakan Photoshop untuk melakukannya.

Photoshop menyediakan banyak pilihan program berlangganan, Anda juga dapat berlangganan selama 30 hari dari produk ini secara gratis untuk mengetahui lebih lanjut tentang software ini. Harga yang ditawarkan untuk satu lisensi juga tidak terlalu mahal jika Anda ingin membelinya. Saya sangat menyarankan Anda memilikinya. Anda dapat melihat daftar harganya disini.

Sekian postingan kali ini mengenai 5 Software Desain Arsitektur, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk rekan-rekan arsitek sekalian. Jangan lupa luangkan waktu rekan-rekan untuk share artikel ini ke yang lain. Mudah-mudahan bisa menjadi rekomendasi software desain arsitektur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini