Beranda Tips & Trik Tips dan Cara Memilih Smartphone Bekas yang Masih Bagus

Tips dan Cara Memilih Smartphone Bekas yang Masih Bagus

159
0
BERBAGI
tips dan cara memilih smartphone bekas yang masih bagus

Sesuai dengan judulnya kali ini darsitek akan membagikan tips dan cara memilih smartphone second yang masih bagus. Pada zaman sekarang ini banyak sekali kemajuan teknologi khususnya di bidang komunikasi, telah hadir berbagai inovasi tentang perangkat mobile. Dibandingkan dengan perangkat desktop/komputer, perangkat mobile (smartphone & tablet) saat ini paling banyak digunakan oleh banyak orang didunia. Pasalnya smartphone android hadir dengan berbagai aplikasi yang keren-keren dan pastinya karena sudah banyaknya penjualan smartphone android terpercaya di pasaran.

Saat ini banyak produsen smartphone yang memberikan inovasi terbaru yang akan memberikan kepuasan kepada konsumennya, selain itu faktor lainnya adalah karena tingginya permintaan akan jual beli smartphone. Dengan begitu makin banyak pula produsen smartphone dan tablet, khususnya tablet android yang di rasa lebih bagus dan harganya juga lebih murah dibandingkan dengan smartphone jenis lain.

Mungkin dari segi harga itu tergantung spesifikasi yang diberikan, akan tetapi secara garis besar untuk kelas smartphone. Smartphone android lah yang paling lengkap dengan fitur yang canggih dan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan smartphone jenis lainnya.

Kebanyakan orang merasa takut untuk membeli handphone bekas atau second. Mungkin anda adalsh salah satu orang yang masih ragu-ragu untuk membeli handphone atau smartphone bekas. Padahal harga handphone sekarang ini semakin mahal apalagi beberapa merek gencar mengeluarkan produk baru setiap bulan.

Buat anda yang memang tidak terlalu fanatik dengan handphone keluaran terbaru dengan spesifikasi tinggi tidak menjadi persoalan besar. Salah satu cara untuk tetap bisa mengikuti perkembangan handphone ya dengan membeli smartphone bekas.

Tentu anda mendapatkan keuntungan dari persoalan harga karena sudah bisa dipastikan harga smartphone bekas itu akan murah. Nah maka dari itu darsitek akan berikan tips dan cara memilih hp android second bekas yang masih bagus dan berkualitas agar anda tidak tertipu dan tidak menyesal dikemudian hari.

Tips dan Cara Memilih Smartphone Bekas yang Masih Bagus

Cek Harga Smartphone yang Ingin Dibeli

Selanjutnya adalah dengan mengetahui harga pasaran sebuah smartphone android, tentukan merek dan model hp yang akan dibeli nantinya. Coba browsing terlebih dahulu tentang tipe hp apa yang ingin anda beli, nanti akan muncul harga beserta spesifikasi hp yang akan dibeli.

Setelah itu bandingkan dengan hp android second yang hendak anda abeli, misalnya smartphone x dengan harga baru 3 juta rupiah, biasanya untuk harga second berkurang kisaran 15-45% dari harga normal. Jadi harga baru 3 juta, maka harga bekasnya 1,8 juta sampai 2,7 juta. Tapi semua itu tergantung kondisi hp itu sendiri, jika masih bagus smartphone android nya, maka harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan yang tidak bagus.

Ini menjadi hal yang cukup penting karena jangan sampai anda membeli smartphone bekas dengan harga yang lebih mahal. Sering-seringlah browsing harga di internet.

Cek kondisi Body HP Smartphone

Tips pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mengecek body dan casing pada hp smartphone, ini adalah hal utama sekaligus yang dapat anda ketahui nanti apakah masih bagus atau tidak. Pastikan untuk body tidak memiliki cacat, retak, ataupun tergores. Kemudian untuk bagian layar jangan sampai mengalami kerusakan yang parah, kalau bisa pilihlah yang masih mulus.

Cek Segel Ketika Hendak Membeli HP Smartphone Bekas

Kemudian di tips ke dua yaitu dengan mengecek segel yang ada pada hp smartphone, pastikan smartphone android belum pernah di service sebelumnya. Caranya dengan mengecek bagian belakang dan buka casing penutup hp android, buka semua komponen seperti baterai dan casing juga. Jika ada baut yang hilang atau komponen yang hilang maka dipastikan sudah pernah diservice, atau jika lebih akurat lagi jika anda mencium hp android tersebut.

Jika tercium seperti bau terbakar atau seperti bau solder, maka hp tersebut jelas sudah di service atau diperbaiki sebelumnya. Coba cek juga segel yang biasanya ada dibagian dalam dekat dengan baterai. Segel-segel ini juga menandakan kalau handphone bekas ini belum pernah dibongkar atau di-service.

Karena kemungkinan bukan hp second biasa yang di jual, melainkan hp yang benar-benar awalnya rusak dan diperbaiki lalu di jual menjadi hp second. Tidak sedikit hp yang hasil perbaikan (rekondisi) akan cepat rusak, berbeda dengan hp smartphone bekas yang belum pernah di service. Dengan kata lain hp smartphone yang belum pernah diperbaiki berarti komponennya masih asli pabrik tentu lebih bagus.

Cek Kelengkapan HP Android Bekas

Lalu di tips selanjutnya yany perlu anda ketahui betul adalah bahwa kelengkapan smartphone juga akan memilki nilai lebih nantinya. Pastikan pada hp android yang hendak dibeli terdapat dos book (panduan hp android), kabel data usb/charger, baterai dan lainnya. Jika ketika kelengkapan pendukung sudah ada maka itu bagus, dan jika tidak lengkap pastikan anda tawar lebih murah lagi karena bisa saja dia juga telah membeli smartphone bekas.

Cek nomer IMEI

Nomer IMEI ini adalah nomer untuk mengecek keaslian smartphone android. Mengecek nomer imei adalah hal yang wajib untuk kita lakukan, ini bertujuan untuk mengecek keaslian dari smartphone android yang akan kita beli. Lalu pastikan bahwa nomor imei di hp android sesuai dengan imei di dos book, cara mengecek smartphone android adalah anda bisa mengetik *#06# di menu panggilan dan nanti nomer IMEI akan muncul secara otomatis.

Loading...

Cek Spesifikasi Smartphone Bekas

Perlu kita ketahui bahwa spesifikasi smartphone android merupakan hal yang juga wajib kita teliti sebelum membeli hp android second. Cek keseluruhan cpu, kapasitas ram, dan mode koneksi internet yang digunakan, kualitas kamera, dan bagian layar. Anda dapat mengetahuinya di menu pengaturan hp android, pastikan sudah sesuai dengan yang anda inginkan.

Mengetahui Kondisi Baterai

Mengecek keadaan baterai android itu sangat perlu, ada dua macam jenis baterai smartphone android. Yaitu ada yang tidak bisa dilepas dan ada baterai yang bisa dilepas, keduanya memiliki keuntungannya masing-masing. Yang jelas, pastikan tidak memilih baterai yang sudah menggelembung atau sudah membesar karena baterai sudah menggelembung berarti tandanya baterai tersebut sudah rusak. Spesifikasi smartphone dengan baterai kapasitas besar juga sangat penting. Jangan lupa tes untuk men-charge di depan sang penjual.

Pastikan Fungsi Sinyal Normal

Untuk tips selanjutnya ini yang perlu anda terapkan adalah dengan mengecek kekuatan sinyal, kondisi sinyal yang ada pada smartphone android. Jaringan terbaik hp android saat ini adalah HSDPA (3G) dan 4G Lte. Jadi pastikan smartphone android mendukung jaringan tersebut atau pastikan juga kondisi sinyal dalam keadaan normal, anda dapat mengeceknya untuk internetan, sms dan telepon.

Cek Fitur Control Aksesoris HP Android

Pastikan anda mengecek fitur yang ada pada smartphone android, contohnya dengan mengecek microphone, speaker untuk melakukan panggilan suara. Cek kabel usb port yang digunakan, cek layar sentuh atau touchscreen apakah masih lancar atau tidak. Ketik dan panggil *#*#2664#*#* untuk mengecek kondisi layar sentuh apakah normal atau tidak. Fitur aksesoris juga sangat perlu sekali untuk kita perhatikan saat hendak membeli smartphone bekas.

Lebih Baik Membeli Smartphone yang Masih Bergaransi

Namanya juga membeli barang second atau bekas jadi kemungkinan untuk rusak juga lebih tinggi. Kartu garansi menjadi salah satu yang harus kamu pertimbangankan, carilah smartphone bekas yang masih memiliki setidaknya 6 bulan garansi.

Tips pada poin ini mungkin kadang ada kadang tidak, jadi garansi pada hp android juga penting. Anda perlu menanyakan kepada penjual tentang garansi tersebut, jika tidak ada maka bisa tawar lebih murah dari harga yang ditawarkan penjual. Dan jika ada pastikan garansi tersebut benar-benar asli bukan rekayasa.

Lakukan Tes Terhadap Fitur di Smartphone Bekas

Sama saja seperti membeli handphone atau smartphone baru, anda juga harus mencoba fitur-fitur yang ada didalamnya. Nah, hal ini juga harus anda lakukan di handphone bekas yang ingin kamu beli. Jangan lupa untuk mengecek kamera dan audionya.

Mengecek Keaslian Smartphone Android

Mengetahui keaslian dari smartphone android yang hendak anda pilih dan beli merupakan hal yang harus anda perhatikan betul-betul. Biasanya hp replika atau palsu hampir menyerupai hp asli, cuman nanti dari kinerja sendiri sangat berbeda dengan hp yang asli. Misalnya untuk hp palsu menggunakan custom rom merek lain untuk direplika.

Lakukan Test (Memakai HP Android)

Anda dapat mengecek mengakses hp android yang hendak dibeli, menggunakan fungsi android pada settingan pabrik itu lebih baik. Misalnya hp android yang hendak anda beli tidak menggunakan custom rom lain atau custom rom pabrik tidak diganti. Lalu periksa settingan maka anda dapat mengetahui itu hp android atau bukan.

Jangan Terburu-buru Mengambil Keputusan

Walaupun smartphone bekas yang anda incar sudah memiliki spesifikasi yang sudah anda inginkan, tapi tetap jangan terlalu terburu-buru memutuskan untuk membeli, kalau masih punya kesempatan anda bisa mencoba mencari di tempat lain sebagai bahan perbandingan.

Jadi anda tetap bisa gaul dengan handphone terbaru dengan harga murah, bagus dan berkualitas. Tapi anda harus tetap memperhatikan tips membeli smartphone bekas. Kalau tiba-tiba terpikir untuk membeli handphone atau smartphone baru, anda bisa membelinya di toko online. Misalnya anda bisa membelinya di Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, atau Matahari Mall.

Nah itulah Tips dan Cara Memilih Smartphone Bekas yang Masih Bagus, jika ada pertanyaan mengenai artikel ini maka bisa berikan komentar anda di kolom komentar yang sudah di sediakan dibawah artikel ini. Semoga anda tidak salah pilih membeli hp android yang baik, selalu cek dengan teliti untuk mendapatkan hp android yang masih bagus dengan harga yang murah. Sekian dan terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here