Beranda Unik & Aneh 21 Pohon Unik Yang Pernah Ada Di Dunia

21 Pohon Unik Yang Pernah Ada Di Dunia

1530
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
Pohon Unik & Aneh Di Dunia

Selamat malam sobat darsitek dimanapun berada, kali ini saya akan membagikan artikel mengenai 21 Pohon Unik Yang Pernah Ada Di Dunia. Begitu banyak manfaat pohon yang ada diseluruh dunia ini, dan itu semua sudah terbukti bahwa hasil dari manfaat pohon sudah dapat kita rasakan manfaatnya hingga sekarang ini. Pohon memiliki bentuk yang bermacam-macam, ada yang biasa saja tetapi ada beberapa bentuk pohon yang lebih luar biasa dan menakjubkan ditemukan di dunia, bahkan terbilang pohon teraneh dan terunik didunia yang spektakuler.

Dunia ini memang begitu banyak menyimpan berbagai macam keunikan dan keanehan. Manusia yang berbentuk aneh, binatang atau hewan dengan bentuk yang tidak masuk di akal dan juga tumbuhan yang berbentuk sangat tidak lazim, semua itu memang nyata ada di dunia ini.

Pohon unik didunia ini memiliki ukuran aneh atau bentuk yang tidak biasa, dan jika kita lihat dari kejauhan terkadang pohon itu terlihat seperti sebuah rumah atau mahkluk raksasa yang menyeramkan. Dibawah ini Darsitek akan merangkum 21 Pohon Unik Yang Pernah Ada Di Dunia yang dikutip dari berbagai sumber, mari simak dibawah ini:

Pohon Wawona (AS)

Pohon Wawona

Pohon Wawona dulunya bernama Coast Redwood yang berlokasi di Mariposa Grove, Taman Nasional Yosemite di Amerika Serikat dan telah dibuat menjadi terowongan. Pohon ini dipotong pada tahun 1881 dan sejak saat itu telah menjadi atraksi bagi para turis. Pohon Wawona tumbang pada tahun 1969 karena tumpukan salju diatasnya, pohon ini diperkirakan berumur 2300 tahun.

Pohon Botol (Namibia)

Pohon Botol (Namibia)

Pohon botol dari Namibia adalah salah satu pohon paling mematikan dibumi, getah dari pohon ini sangat beracun dan biasa digunakan sebagai racun pada ujung anak panah oleh pembunuh jaman dahulu. Pohon ini dinamakan pohon botol karena bentuk dari batangnya dan biasa bertumbuh didaerah pegunungan yang membuat pemandangan digunung Namibia sedikit unik. Bunga dari pohon botol ini sangat indah, biasanya berwarna merah muda atau putih dengan warna merah ditengahnya.

Teapot Baobab (Madagaskar)

Teapot Baobab (Madagaskar)

Pohon menakjubkan ini telah menghiasi Madagaskar selama lebih dari 1000 tahun. Tipe pohon Baobab ini adalah spesies yang terancam punah, banyak dari pohon ini mempunyai tinggi lebih dari 80 meter dan diameter pohonnya bisa mencapai 25 meter. Batang dari pohon ini merupakan tempat penampungan air pada musim kering, saat mekar bunga dari pohon ini hanya bertahan selama 24 jam. Pohon ini digambarkan pada mata uang Madagaskar.

Pohon Jaboticaba (Brazil)

Pohon Jaboticaba (Brazil)

Jaboticaba, Myrciaria cauliflora, adalah pohon buah yang dapat dijumpai di Brazil. Buah dari pohon ini tumbuh di seluruh batang pohonnya, dan bukan hanya di cabang-cabangnya saja, sehingga terlihat pohon ini seperti mengeluarkan tetesan minyak. Buah hitam kecilnya hampir mirip dibandingkan dengan anggur baik jika dimakan utuh atau dihancurkan untuk dibuat jus atau wine. Pohon ini akan mekar dan berbuah beberapa kali dalam setahun jika kondisi cuaca sedang baik.

Pohon Kapas Sutra (Kamboja)

Pohon Kapas Sutra (Kamboja)

Pohon ini benar-benar menakjubkan untuk dilihat dan harus dikunjungi jika berada didaerah Asia Tenggara. Pohon ini merupakan daya Tarik utama dari kuil Ta Prohm, akar dari pohon ini menumpuki kuil kuno dan batangnya tumbuh mencapai ketinggian yang mengagumkan. Kuil ini adalah salah satu warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Hyperion (California)

Hyperion (California)
Tinggi Pohon Hyperion

Hyperion adalah pohon Redwood dari California dan pohon tertinggi dibumi. Pohon ini biasanya hidup selama 1200 sampai 1800 tahun. Hyperion setinggi 115 meter dan berdiameter hampir 9 meter, ini berarti Hyperion jauh lebih tinggi daripada Patung Liberty. Diperkirakan lebih dari 95% pohon Redwood sudah ditebang dan status dari pohon ini dalam keadaan rawan.

Perbandingan Tinggi Pohon Hyperion

Pohon General Sherman (California)

Pohon General Sherman (California)

Pohon General Sherman adalah pohon jenis Sequoia raksasa yang terletak di Hutan Rimbun Sequoia di kawasan rekreasi nasional terkenal di California. Pohon yang terkenal ini merupakan pohon-pohon yang memiliki ukuran paling besar di dunia. Sebenarnya, jika dihitung dari volumenya, lima dari sepuluh pohon terbesar di planet kita ini terletak dikawasan hutan yang berada di California tersebut. Salah satu yang memiliki tinggi 11,1 meter merupakan Pohon General Sherman yang terbesar diantara yang lain. Proses tumbuhnya hungga besar seperti itu diperkirakan membutuhkan waktu sampai 2700 tahun lamanya.

Pohon Pennantia baylisiana (Selandia Baru)

Pohon Pennantia baylisiana (Selandia Baru)

Pohon ini merupakan pohon yang sangat langka dan sangat jarang di jumpai di alam liar. Hanya sebuah sampel dari pohon ini yang dapat ditemukan di Kepulauan Three Kings yang terletak di lepas pantai sebelah utara Selandia Baru. Karena sampel pohon satu-satunya ini berjenis kelamin betina tidak ada harapan untuk melestarikan pohon ini karena penyerbukan bunga pada diri sendiri hampir selalu steril. Untungnya, teknologi terbaru memungkinkan untuk mengambil jaringan tunasnya dan membudidayakan pohon ini sehingga sekarang pohon ini dapat ditemukan di beberapa tempat. Namun untuk kelangsungan hidup sejati dari spesies ini, tentu diperlukan pohon Pennantia baylisiana jantan.

Pohon Kauri (Selandia Baru)

Pohon Kauri (Selandia Baru)

Pohon Kauri yang terletak di bagian utara Selandia Baru salah satu pohon terbesar (berdasarkan volume kayunya) di dunia. Pohon-pohon bisa mencapai tinggi 50 meter dan lingkar keliling 15 meter. Karena kekuatan kayunya dan jumlah kayu yang dapat diambil dari sebantang pohon tunggal, Kauri ditebang secara besar-besaran di abad 19. Kepadatan kayunya bahkan memungkinkan kayu ini untuk bertahan dengan baik setelah dikuburkan, dan masih bisa digunakan setelah terkubur selama lebih dari 50.000 tahun.

Pohon Cedar Dewa (Lebanon)

Pohon Cedar Dewa (Lebanon)

Pohon-pohon Cedar Dewa membentuk hutan kecil dikawasan utara Lebanon. Pepohonan ini merupakan tumbuhan yang mampu bertahan dari hutan kuno yang terdiri dari berbagai macam pohon Cedar di Lebanon yang pernah menghiasi kawasan ini pada jaman dahulu. Pohon Cedar ini disebut di Alkitab sebanyak tujuh puluh kali. Orang Mesir kuno menggunakan getahnya dalam proses pe-mumi-an.

loading...

Pohon Eucalyptus Pelangi (Filipina)

Pohon Eucalyptus Pelangi (Filipina)

Eucalyptus Pelangi memiliki kulit pohon yang berwarna cerah. Pohon yang berasal dari Filipina ini, akan sering mengalami pengelupasan lapisan kulit paling luarnya dan menunjukkan lapisan kulit di bawahnya yang berwarna hijau. Seiring perjalanan waktu lapisan kulit tersebut akan mengalami beberapa perubahan warna dari hijau, biru, sampai ungu, hingga oranye, dan akhirnya menjadi coklat sebelum akhirnya terlepas. Karena proses pelepasan kulit ini bergiliran sebagian secara teratur, pohon akan menampilkan koleksi dari semua warnanya secara sekaligus dan memberikan efek kaleidoskopik. Pohon ini dapat tumbuh di banyak tempat yang tidak akan mengalami musim salju, tetapi di Filipina pohon ini sebagian besar dibudidayakan untuk digunakan dalam pembuatan kertas dan bukan sebagai tanaman hias.

Pohon Socotra Dragon (Yaman)

Pohon Socotra Dragon (Yaman)

Pohon ini juga dikenal dengan pohon darah naga karena mengeluarkan getah yang berwarna merah. Hidup di pulau Socotra yang terkenal karena keaslian dan keanekaragaman hayati mengantarkan pulau ini sebagai salah satu warisan budaya UNESCO yang ada di Yaman. Bentuk pohon yang unik seperti payung-payung ini memiliki kelebihan tersendiri bagi pohon ini untuk bertahan karena hidup dikawasan yang bersuhu sangat panas sehingga mampu membantu mengurangi proses penguapan karena terlindung oleh dedaunannya yang rimbun.

Pohon Bengkok (Gryfino ‚Äď Polandia)

Pohon Bengkok (Gryfino ‚Äď Polandia)

Ada lebih dari 400 pohon aneh didekat Gryfino, Polandia Barat. Pohon ini tadinya disangka bengkok karena buatan tangan manusia, meskipun tujuan utamanya tidak diketahui. Banyak yang bilang kalau pohon ini dibuat bengkok untuk dibuat menjadi furniture, kerangka perahu, atau bajak kerbau. Sampai sekarang siapa yang menumbuhkan pohon ini masih menjadi sebuah misteri.

Sunland Baobab (Afrika Selatan)

Sunland Baobab (Afrika Selatan)

Sunland Baobab adalah pohon dekat Modjadjiskloof, Provinsi Limpopo, Afrika Selatan yang dibuat menjadi sebuah bar. Pohon ini aslinya berongga dan pada tahun 1993 sebuah bar kecil yang bisa menampung 15 sampai 20 orang didirikan disana. Pohon ini merupakan salah satu pohon Baobab tertinggi di Afrika Selatan dan pohon terlebar diseluruh Afrika. Diameter pohon ini sekitar 47 meter dan tinggi 20 meter. Pohon ini juga merupakan salah satu pohon tertua didunia yang berumur lebih dari 6000 Tahun.

Pohon Kapas (Afrika)

Pohon Kapas (Afrika)

Pohon Kapas merupakan simbol bersejarah bagi Freetown, kota sibuk di Sierra Leone. Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, Pohon Kapas menjadi simbol penting pada tahun 1792 ketika kelompok mantan Serikat Budak Afrika mendapatkan kemerdekaannya dengan bertempur melawan penjajah Inggris saat penduduk Amerika memperjuangkan hak serupa pada Inggris.

Pohon Arbol del Tule (Meksiko)

Pohon Arbol del Tule (Meksiko)

Pohon √Ārbol del Tule, adalah pohon jenis¬†Montezuma Cypress¬†yang terletak di kota¬†Mar√≠a del Tule di Oaxaca, Meksiko. Memiliki dahan yang paling besar diantara jenis pepohonan yang hidup di bumi. Pohon ini begitu besar sehingga sempat diperkirakan terdiri dari beberapa pohon, namun setelah dites DNA membuktikan bahwa dahan tersebut berasal dari satu pohon saja. Proses pertumbuhan pohon ini diperkirakan 2000 – 3000 tahun lamanya.

Pohon Bodhi (India)

Pohon Bodhi (India)

Pohon ini begitu suci dan terkenal bagi umat Buddha, karena dibawah pohon ini, Siddharta Gautama mendapatkan pencerahan. Pohon Bodhi yang berarti  Pohon Kebangkitan dan terletak di Bodhgaya, India. Menurut umat Buddha, pohon Bodhi merupakan pusat dari alam semesta. Umat yang melakukan perjalanan suci ke Bodhgaya mengambil biji dan daun pohon Bodhi untuk dibawa pulang maupun disimpan di wihara. Sangat umum ketika kita memasuki areal wihara dan terdapat setidaknya satu pohon Bodhi dipekarangannya.

Pohon Boab Prison (Derby – Australia)

Pohon Boab Prison (Derby – Australia)

Pohon Boab Prison adalah pohon yang memiliki ruangan didalamnya, pohon ini terletak di selatan kawasan Derby di kawasan tradisional bagian barat Australia. Reputasi yang begitu terkenal didapat karena pada tahun 1890 digunakan untuk mengurung para kriminal suku asli Australia saat perjalanan menuju Derby sebelum dihukum. Dewasa ini, pohon ini dipagari agar terlindung dari tindakan perusakan.

Pohon Burmis (Kanada)

Pohon Burmis (Kanada)

Pohon Burmis adalah pohon pinus dekat Alberta, Kanada. Pohon ini masuk kedalam daftar karena pohon ini pernah mati pada tahun 1970 dan masih berdiri tanpa adanya tanda-tanda pembusukan. Pohon ini diperkirakan berumur sekitar 600 sampai 750 meter saat mati. Pohon ini tumbang karena angin pada tahun 1998 dan penduduk lokal mendirikannya kembali. Beberapa tahun kemudian, seseorang mematahkan salah satu dahan pohon ini dan penduduk lokal langsung memasangnya kembali. Pohon Burmis ini merupakan salah satu pohon yang paling banyak difoto didunia.

Pohon Kehidupan (Bahrain)

Pohon Kehidupan (Bahrain)

Pohon Kehidupan atau Tree of Life adalah pohon yang berasal dari Bahrain. Pohon ini diperkirakan berumur 400 tahun dan mempunyai tinggi sekitar 9,75 meter. Pohon ini tidak biasa karena dikelilingi gurun dan pohon ini satu-satunya pohon yang ada disekitar wilayah itu. Pohon ini dapat tumbuh tanpa adanya sumber air, hal itu diperkirakan karena pohon ini punya akar yang sangat dalam mencapai sumber air dibawah tanah.

Pohon Oak Mayor (Inggris)

Pohon Oak Mayor (Inggris)

Pohon Oak Mayor adalah pohon oak raksasa di jantung hutan Sherwood, Nottinghamshire, Inggris. Berdasarkan cerita rakyat setempat, pohon ini dijadikan tempat bersembunyi Robin Hood ketika dirinya dan kelompoknya ditangkap. Pohon terkenal ini berusia sekitar 800 sampai 1000 tahun. Pada tahun 1790, Mayor Hayman Rooke, seorang pengamat barang antik terkenal, memasukkan pengamatannya tentang bibit pohon oak kuno di Sherman kedalam bukunya, sehingga pohon ini diberi nama Pohon Oak Mayor.

Sekian postingan kali ini mengenai 21 Pohon Unik Yang Pernah Ada Di Dunia, ikuti terus perkembangan Arsitektour dengan berlangganan artikel, semoga bermanfaat untuk sumber ilmu pengetahuan. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini