Beranda Desain Gambar Download RAB Rumah Sederhana Format xlsx (Ms. Excel)

Download RAB Rumah Sederhana Format xlsx (Ms. Excel)

5304
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
rab rumah sederhana
rab rumah sederhana

Assalamualaikum wr. wb. rekan-rekan sipil dan arsitek dimanapun berada, saya doakan semoga hari ini sehat selalu dimudahkan segala urusan. Nah, pada kesempatan kali ini saya mau membagikan file rab rumah sederhana format xlsx ms excel. Sebelum itu bagi yang belum mengetahui rab itu apa, berikut saya jelaskan secara singkat dibawah ini.

Pengertian RAB

Rencana Anggaran Biaya (RAB) merupakan estimasi biaya dalam proyek konstruksi yang ditunjukan untuk menaksirkan/ memperkirakan nilai pembiayaan pada suatu proyek. Dalam proses konstruksi, RAB sendiri dibuat oleh berbagi pihak sesuai dengan kepentingan masing-masing, mulai dari pemilik (owner), Konsultan teknik (perencana), hingga kontraktor (pelaksana).

Bagi pemilik (owner), RAB bertujuan untuk menentukan biaya investasi, modal yang dibutuhkan, pengaturan perputaran pembiayaa, juga kelayakan ekonomi dari proyek.

Bagi konsultan (Perencana), RAB bertujuan untuk menentukan dan mengakomondasi kelayakan suatu rancangan sebagai salah satu dokumen yang menjadi acua pada saat lelang, dan bermanfaat untuk penilaian kelayakan harga penawaran. RAB juga dapat di gunakan untuk menilai kemajuan pekerjaan dari proyek yang sedang dilakukan.

Bagi Kontraktor (pelaksana), RAB dibuat sebagai landasan dalam menentukan harga untuk kepentingan penawaan pada suatu proses perlelangan, selain itu juga untuk proses pengendalian proyek, termasuk pengendalian Biaya.

Cara Menghitung RAB Rumah Sederhana

Rencana anggaran biaya sangat dibutuhkan dalam bidang konstruksi, agar kita tahu berapa estimasi biaya total yang diperlukan sampai proyek tersebut selesai. Nah bagi kalian yang bingung bagaimana cara menyusun RAB, berikut kami buatkan urutannya.

1. Menyiapkan gambar kerja

Kita harus mengetahui bagaimana bentuk dan spesifikasi yang akan digunakan pada proyek melalui gambar kerja sebelum mulai menghitung. Hal ini dilakukan agar nantinya kita tidak salah dalam melakukan perhitungan dan juga agar hasil akhir pekerjaan sesuai dengan desain.

2. Menghitung luasan

Selanjutnya yang dilakukan adalah menghitung luasan bangunan yang akan kita buatkan RAB-nya. Dengan cara seperti menghitung luas bangun pada umumnya, misalkan bangunan tersebut memiliki panjang 10 meter dan lebar 12 meter, maka kalian hanya perlu menggunakan rumus persegi panjang, panjang dikalikan lebar maka kalian akan memperoleh luasan bangunan tersebut.

3. Menghitung volume pekerjaan

Selanjutnya kita menghitung volume pekerjaan. Mulai dari menghitung volume pekerjaan persiapan, pekerjaan tanah dan urugan, pekerjaan pasangan dan plesteran, pekerjaan beton, pekerjaan kayu dan kaca, pasangan atap dan plafon, pekerjaan lantai, instalasi listrik dan air, hingga pekerjaan finishing. Semua perhitungan dilakukan dengan teliti sehingga tidak sampai salah, kesalahan sedikit saja bisa membuat pekerjaan menjadi kacau.

4. Membuat dan menentukan harga satuan pekerjaan

Setelah selesai menghitung volume pekerjaan, selanjutnya menentukan harga satuan pekerjaan. Untuk bisa menyusun harga satuan pekerjaan kita membutuhkan data daftar harga bangunan dan daftar harga upah tenaga kerja. Tentunya harga keduanya berubah setiap tahun, maka dari itu alangkah baiknya kita melakukan survey terlebih dahulu ke toko bangunan terdekat.

5. Menghitung jumlah biaya pekerjaan

Berikutnya kita menghitung jumlah biaya pekerjaan, yaitu dengan cara mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan pekerjaan.

6. Menghitung jumlah total per sub pekerjaan

Langkah terakhir yaitu menghitung jumlah total per sub pekerjaan, seperti pekerjaan persiapan, pekerjaan pondasi, atau pekerjaan beton. Kedua sub pekerjaan tersebut dapat diuraikan lagi secara lebih detail. Setiap pekerjaan kemudian ditotalkan sehingga didapatkan jumlah total biaya pekerjaan. Di dalam menghitung biaya rekapitulasi ini, Anda juga bisa memasukkan biaya tambahan dan pajak.

Download RAB Rumah Sederhana Format xlsx (Ms. Excel)

File RAB ini bertujuan hanya sekedar untuk memberikan referensi pembelajaran ataupun acuan dalam pembuatan RAB rumah sederhana. Ini sangat bagus untuk pemula atau yang baru menekuni bidang teknik sipil. File rab ini juga mempunyai kurva s dan time schedule. Untuk mengetahui cara membuat kurva s, silahkan baca artikel ini: Cara Membuat Kurva S dengan Mudah.

File ini sudah dalam format .xlsx yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi Excel versi terbaru atau paling lama versi 2007, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan RAB anda.

Silakan Download RAB Rumah Sederhana Format xlsx (Ms. Excel) dibawah ini:

Rencana Anggaran Biaya (RAB) Format xlxs Excel

Google Drive DOWNLOAD[378.12KB]
Mediafire DOWNLOAD[378.12KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan kali ini mengenai RAB Rumah Sederhana Format xlsx (Ms. Excel), semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar membuat rab rumah atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini