Beranda Arsitek Menghitung RAB dengan Benar dan Tepat

Menghitung RAB dengan Benar dan Tepat

540
0
BERBAGI
menghitung rab dengan benar

RAB atau singkatan dari Rancangan Anggaran Biaya merupakan sebuah rencana yang dilakukan sebelum melakukan pembangunan. Rancangan yang dimaksud disini adalah seperti bahan-bahan yang diperlukan, upah pekerja, dan masih banyak lagi.

Selain itu, manfaat dari RAB ini bukan hanya untuk mencacat kebutuhan saja tetapi juga mengontrol pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan seperti pembelian bahan bangunan yang berlebihan, atau mungkin upah dari para pekerja yang tidak terkontrol dengan baik.

Sehingga bagi Anda yang ingin membangun rumah misalnya, sebaiknya gunakan RAB dengan begitu biaya yang dikeluarkan tidak mengalami pembengkakan yang akan merugikan Anda sendiri. Tentunya untuk menghitung RAB ini tidak boleh sembarangan saja.

Menghitung RAB dengan Benar dan Tepat

Sebelum menghitung RAB, maka harus dipersiapkan hal pendukung lainnya sehingga perhitungan tersebut dilakukan dengan benar. Maka sangat disarankan untuk Anda membaca penjelasan berikut ini yang merupakan langkah-langkah untuk menghitung RAB.

1. Menyiapkan Rangkaian Gambar Kerja

Dalam membuat rumah maka sebaiknya disarankan bagi Anda untuk menghitung RAB rumah karena hal tersebut akan menguntungkan Anda. Karena dengan begitu biaya yang dikeluarkan tidak akan mengalami pembengkakan yang drastis.

Untuk langkah pertama dalam menentukan RAB adalah menyiapkan rangkaian gambar kerja. Gambar kerja ini memang selain digunakan untuk mendapatkan perizin dan perjanjian, gambar ini juga memiliki fungsi lain yaitu bisa memperkirakan volume material yang digunakan.

Sehingga dengan begitu Anda bisa mengira-ngira berapa jumlah material yang diperlukan untuk pembangunan rumah tersebut dan juga untuk memperhitungkan upah pekerja yang disesuaikan lokasi kerjanya.

Baca: Kumpulan Gambar Desain Rumah Tinggal Format DWG (File AutoCAD)

2. Menentukan Volume dari Pekerjaan

Langkah kedua untuk menghitung RAB rumah yaitu menentukan volume dari pekerjaan tersebut. Hal ini bertujuan agar penghitungan tersebut dapat benar-benar dilakukan dengan baik dan tepat.

Rumusnya adalah pertama hitunglah volume dari pekerjaan tersebut dengan satuan meter persegi, meter per kubik, atau per unit. Setelah itu, volume tersebut dikalikan dengan harga dari persatuan yang digunakan.

Baca: Cara Menghitung Volume Pekerjaan Dalam RAB

Maka akan ditemukan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pekerjaan tersebut. maka dengan begitu Anda bisa mempersiapkan dan memperhitungkannya sedari awal.

3. Menentukan Harga dari Tiap Pekerjaan

Setelah selesai menentukan volumenya maka langkah berikutnya dalam menghitung RAB adalah menentukan harga dari tiap pekerjaan. Sebaiknya pada tahap ini pisahkan antara biaya untuk material dan biaya untuk upah pekerja.

Sebaiknya dalam menentukan biaya tersebut Anda banyak bertanya kepada orang yang lebih paham dan juga pastikan biaya untuk upah pekerja disesuaikan dengan biaya yang biasa digunakan pada lingkungan sekitar Anda.

Sehingga dengan begitu tidak ada yang dirugikan dan biaya yang Anda keluarkan juga sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan oleh para pekerja.

Baca: Download Analisa Pekerjaan SNI untuk Bangunan Terbaru 2018

4. Menentukan Biaya dari Pekerjaan

Baru setelah menentukan volume dari perkerjaan dan juga harga dari satuan pekerjaan tersebut maka ini saatnya langkah bagi Anda untuk menentukan biaya dari pekerjaan tersebut.

Dalam langkah menghitung RAB rumah ini maka Anda hanya perlu mengalikan volume tersebut dengan harga yang telah ditentukan sebelumnya maka dengan begitu akan dihasilkan biaya setiap pekerjaan.

Misalnya saja dalam pembuatan pondasi yang memiliki volume sekitar 15 m3 dengan biaya yang telah ditentukan sebelumnya adalah Rp. 500.000 untuk setiap 1 m3. Maka untuk menentukan biaya perkerjaan tersebut, Anda hanya perlu mengalikan yaitu 15 m3 x 500.000 = Rp. 750.000,-.

Baca: Cara Menghitung RAB Pekerjaan Awal, Pekerjaan Galian dan Urugan, dan Pekerjaan Pasangan Pondasi

5. Rekapitulasi RAB

Langkah terakhir untuk menghitung RAB adalah dengan membuat rekapitulasi. Rekapitulasi ini adalah sebuah daftar yang mencatat semua biaya setiap sub pekerjaan secara rinci.

Maka dengan begitu Anda harus mencacat semua biaya pekerjaan yang kemudian nanti ditambah dengan biaya pembayaran pajak dan juga biaya tambahan yang lainnya. Lalu ditotal maka akan menghasilkan jumlah seluruh biaya pekerjaan tersebut. Maka dengan begitu rekapitulasi telah selesai dilakukan.

Sumber referensi: civilportal.ga

Itulah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menghitung RAB yang benar dan tepat. Sehingga dengan begitu Anda akan bisa memperhitungkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk membuat rumah tersebut. Selain itu, pembengkakan biaya juga bisa diminimalisir. Jangan lupa share!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini