Beranda Tips Rumah Tips Dan Cara Menggadaikan Sertifikat Rumah Untuk Pinjaman

Tips Dan Cara Menggadaikan Sertifikat Rumah Untuk Pinjaman

137
0
BERBAGI
Menggadaikan Sertifikat Tanah

Kali ini darsitek ingin membagikan artikel tips yang saya rasa cukup penting untuk kita semua, tema artikel kali ini berjudul Tips Dan Cara Menggadaikan Sertifikat Rumah Untuk Pinjaman. Sertifikat rumah dapat dijadikan sebagai alat untuk meminjam sejumlah uang pada lembaga keuangan khusus, jumlah yang dipinjamkan untuk sertifikat rumah juga cukup besar.

Sebelum menggadaikan sertifikat rumah untuk pinjaman, sebaiknya anda pelajari tips dan tahapan-tahapan berikut agar memperoleh pinjaman yang benar:

Datang Langsung ke Bank

Saat pertama kali ke bank, jangan terburu-buru untuk meminjam uang, namun bertanyalah terlebih dahulu kepada pihak bank tentang produk pinjaman yang ditawarkan beserta keuntungan dan kerugiannya. Tanyakan bagaimana prosedurnya, besarnya cicilan tiap bulan, berapa bunga yang akan dibebankan kepada kita, serta persiapan apa saja yang harus dilakukan, seperti dokumen, biaya administrasi, serta fasilitas yang ditawarkan.

Saling Membandingkan Produk antar Bank

Pastikan tidak hanya satu bank yang anda kunjungi, namun carilah bank lain yang dirasa memiliki review yang baik. Lihat bagaimana bunga yang ditawarkan antar bank satu dengan yang lain. Pilihlah bank yang menawarkan suku bunga rendah dan biaya administrasi yang paling rendah pula. Jangan lupa perhatikan kredibilitas dari bank tersebut agar sertifikat rumah aman saat dipegang oleh Bank.

Mengisi Formulir Aplikasi Pinjaman

Apabila sudah mantap dengan pilihan anda, selanjutnya anda bisa mengisi formulir aplikasi pinjaman dari bank tersebut. Lengkapi dokumen dan segala persayaratan yang telah ditentukan oleh bank.

Menunggu Proses Verifikasi

Setelah memberikan formulir, bank akan mengecek segala kelengkapan dokumen yang telah diberikan. Biasanya bank akan menilai besarnya jaminan yang diserahkan apakah sesuai dengan nilai uang yang ingin dipinjam atau tidak.

Loading...

Bank akan Melakukan Survey

Petugas bank biasanya akan datang mengunjungi rumah peminjam dan melakukan survey berupa pengambilan gambar dan pengecekan rumah sesuai dengan sertifikat yang digadaikan. Pada saat melakukan pengecekan, pihak bank akan melakukan sesi tanya jawab mengenai penggunaan uang pinjaman. Pada saat melakukan sesi tanya jawab, jawablah apa adanya dan tidak perlu panik.

Mencairkan Dana Pinjaman

Setiap bank memiliki jadwal/waktu yang berbeda dalam mencairkan dana permohonan kredit. Sebaiknya pada saat melakukan registrasi di awal seluruh dokumen dan persyaratan harus lengkap agar pencairan dana bisa cepat. Biasanya peminjam yang sudah memiliki riwayat pernah meminjam, akan mendapatkan waktu yang semakin cepat. Sebaiknya anda memiliki rekening dari bank tersebut supaya dana pinjaman bisa langsung masuk ke dalam rekening anda.

Membayar Cicilan Setiap Bulan

Setelah menerima pinjaman, wajib bagi peminjam untuk membayarkan cicilan per bulannya. Jika terlambat membayar maka pihak bank bisa memberikan sanksi denda. Maka dari itu, jika sudah jatuh tempo segeralah melakukan pembayaran pada tanggal yang ditetapkan oleh bank.

Melunasi Cicilan

Apabila memiliki dana yang lebih sebaiknya lunasi lebih awal agar bisa memperoleh keuntungan. Karena biasanya jika bisa melunasi pinjaman lebih awal akan memperoleh potongan biaya cicilan yang besar.

Mengambil Sertifikat

Apabila kredit pinjaman sudah dilunasi, maka sertifikat rumah bisa anda ambil kembali. Sertifikat ini harus diambil sendiri ke bank secara langsung dan tidak boleh diwakilkan.

Itulah beberapa tips dan cara menggadaikan sertifikat rumah untuk pinjaman, semoga bisa bermanfaat khususnya untuk anda yang ingin menggadaikan sertifikat rumah. Jangan lupa share atau subscribe halaman arsitektour untuk mengikuti perbaruan situs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here