Beranda Tips Rumah Tips Mencat Dinding Rumah Yang Benar Dengan Takaran Yang Pas

Tips Mencat Dinding Rumah Yang Benar Dengan Takaran Yang Pas

1636
0
BERBAGI
asdar.id menyediakan Member Premium Download untuk download file tanpa embel-embel iklan dan halaman, apa lagi harus menunggu timer yang begitu lama. Dengan berlangganan Member Premium Download, semua file dapat didownload dengan singkat langsung menuju ke sumbernya!, klik DISINI untuk DAFTAR :-) Untuk cara download file Member Free Download, bisa membaca Tutorial Download yang ada dibawah Timer (halaman Safelink) saat menekan tombol download.
Rekomendasi aplikasi hitung cepat RAB akurat dan otomatis, sangat mudah digunakan. Tinggal ganti dimensi, RAB Langsung Jadi. Jika anda seorang ahli sipil atau arsitek, rugi jika tidak punya filenya. Silahkan klik DISINI untuk mendapatkan Filenya.
tips mengecat dinding

Selamat siang, pada artikel kali ini darsitek akan membahas mengenaiΒ Tips Mencat Dinding Rumah Yang Benar Dengan Takaran Yang Pas, yaitu berapa takaran air untuk cat dinding. Cat dinding seperti yang kita tahu selama ini adalah berbasis air dan tentunya membutuhkan air untuk mengencerkannya.

Sedangkan kondisinya pada saat kita beli di pasaran adalah terlalu kental, memang seperti itulah kondisi agar konsumen bisa meracik sesuai takaran yang diinginkan terlebih dahulu sebelum menggunakan. Mengenai bagaimana menentukan takaran air pada cat atau berapa banyak air yang dibutuhkan saat pengecatan yang didapat, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Air yang dibutuhkan saat mencat dinding sebetulnya tergantung oleh kualitas cat itu sendiri. Jika kondisi cat yang diproduksi oleh sebuah merk tergolong encer, tentunya kita tidak perlu terlalu banyak menambahkan air. Namun sebaliknya, jika cat tersebut kental, maka campuran air untuk mengencerkannya perlu lebih banyak. Proses mencat dinding rumah minimal harus 2x pengecatan. Pada merk tertentu, campuran air pengencer cat bisa dibaca pada kemasan cat tersebut. Salah satu produsen cat ternama merekomendasikan lapisan cat pertama adalah cat perlu ditambahkan 20%, lalu untuk lapis keduanya, anda cukup menambahkan air sebanyak 10%.

Sebetulnya ada faktor lain yang juga menentukan maksimalnya hasil pengecatan dan bukan cuma masalah takaran air yaitu mengenai kondisi dinding sebelum pengecatan juga sangat berpengaruh. Nah maka dari itu tidak ada salahnya anda membaca tips yang perlu diperhatikan sebelum mencat dinding rumah dibawah ini:

Tips Mencat Dinding Rumah Yang Benar

  1. Jika anda mencat dinding yang sebelumnya sudah pernah dicat, maka bersihkanlah permukaan dinding dengan menyemprotkan air secara langsung dan mengeringkannya dengan kain.Β  Hal ini dilakukan jika kondisi cat lama tersebut masih dalam kondisi benar-benar baik.
  2. Pada kondisi dinding lama yang catnya hanya mengelupas sedikit sekali pada bagian tertentu, anda bisa menutupi atau melapisinya dengan semen putih. Gunakan plat seng dengan ukuran 15Γ—15 cm (atau beli di toko material) untuk menutupinya dengan lapisan semen putih. Ampelas sedikit setelah kering dan semprotlah dengan air menggunakan selang.
  3. Jika kondisi cat sudah banyak sekali yang mengelupas dan terlihat sudah mengapur dimana-mana atau warna cat sudah benar-benar kusam seluruhnya, maka anda perlu membersihkan cat lama tersebut terlebih dahulu dengan cara mengikisnya. Cara pengikisannya bisa menggunakan alat pengelupas atau pengikis cat yang terbuat dari plat seng atau anda bisa mengikisnya dengan ampelas. Setelah bersih dari lapisan cat lama, semprotlah dengan air kran atau siram dengan air.
  4. Setelah anda menyemprot atau mengguyur dengan air untuk point 1, 2, 3, tunggulah beberapa saat sampai dinding tersebut mengering, maka dinding anda siap untuk dicat. Bacalah terlebih dahulu petunjuk atau panduan yang ada pada kemasan cat yang anda beli sebelum menggunakannya.

Sekian artikel kali ini mengenaiΒ Tips Mencat Dinding Rumah Yang Benar Dengan Takaran Yang Pas, semoga bisa membantu anda. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini